Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka. (foto istimewa)

Gibran Rakabuming Rencana Kembangkan Wellness Tourism Indonesia di Solo

Loading

JAKARTA (Independensi.com) –  Sebagai daerah yang tidak mempunyai kekayaan alam sebagai destinasi wisata, Kota Solo harus mengandalkan roda ekonominya pada sektor perdagangan dan jasa.

Salah satu potensi yang selama ini belum digarap optimal adalah sektor pariwisata kesehatan atau populer dengan wellness tourism. Gagasan itu disampaikan cawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka, dalam berbagai kesempatan.

Dia berencana menggarap dan memaksimalkan potensi di bidang wellness tourism tersebut ketika nanti terpilih sebagai wali Kota Solo. “Sebenarnya Wellness Tourism ini sudah ada di Kemenparekraf sejak lama. Kita punya kekuatan heritage spa, jamu, pengobatan alternatif, yoga dan event-event olah raga,” ujar dia.

Gibran menilai potensi wellness tourism Indonesia belum digarap secara serius dan maksimal. Padahal tren wisata saat ini sudah bergeser dari pariwisata alam seperti pegunungan dan pantai, tapi ke arah wisata yang menyehatkan badan. “Jadi liburan tidak melulu harus ke tempat wisata pantai dan gunung. Tapi bisa juga  untuk menyehatkan badan,” sambung bapak dua anak itu.

Dia mencontohkan wisata kesehatan berupa pijat refleksi yang jenisnya banyak banget. Ada metode luluran atau totok wajah. “Dan itu pakai banyak bahan-bahan herbal tradisional asli Indonesia semua. Sepetti kayu manis, kelapa. Bisa untuk badan, rambut, lainnya. Jadi Indonesia wellness tourism nya kalau digarap bener-bener bisa nomor satu di dunia,” sambung dia.

Menurut Gibran beberapa waktu terakhir wellness tourism mulai dijadikan paket-paket layanan yang ditawarkan pengelola hotel kepada para tamu. Seperti layanan yoga, heritage spa dan aktivitas kesehatan lainnya. Berbagai layanan kesehatan itu dinilai lebih menarik bagi wisatawan lantaran menggunakan aneka rempah atau herbal asli Tanah Air. Berbeda dengan cairan yang digunakan utk layanan wellness tourism di luar negeri yang pakai cairan chemical.

“Contoh di Solo itu yang miliknya Mustika Ratu di Jl. Slamet riyadi yaitu heritage spa yaitu pijat pakai rempah-rempah asli Indonesia. Itu di negara lain tidak ada. Mereka [luar negeri] pakai chemical semua mas. Kalau kita punya herbal-herbal yang benar-benar bisa menyehatkan badan. Apalagi ada jamu yang sekarang dibutuhkan sekali untuk imunitas tubuh,” terang dia.