Gerbang Utama Kawasan JIIPE Manyar Gresik Jawa Timur (istimewah)

Kembangkan JIIPE, PT BKMS dan IIF Buat Perjanjian Pinjaman Senior Berjangka Senilai Rp 500 Miliar

Loading

GRESIK (Independensi.com) – PT. Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) anak perusahaan PT Usaha Era Pratama Nusantara (grup dari PT AKR Corporindo Tbk). Bekerjasama dengan PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia (grup dari PT Pelabuhan Indonesia III (persero) telah menandatangani perjanjian pinjaman senior berjangka 7 tahun senilai Rp 500 miliar dengan Indonesia Infrastructure Finance (IIF).

Penandatanganan itu, dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT BKMS Bambang Soetiono S. didampingi Ifan Johar Kuswahyudi selaku Direktur Keuangan dan Presiden Direktur sekaligus CEO IIF, Reynaldi Hermansjah serta Ramadhan Harahap selaku Direktur Pelaksana sekaligus CIO IIF di Kantor IIF Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pinjaman dari IIF, ditujukan ke PT BKMS untuk pengembangan kawasan industri Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) yang berada di Manyar, Gresik, Jawa Timur itu telah memasuki tahap kedua.

“Kami sangat senang dan berterima kasih kepada IIF atas kepercayaan dan dukungannya, memilih untuk mendanai pengembangan kawasan industri PT BKMS yang mengembangkan kawasan strategis di Gresik Jawa Timur,” ucap, Bambang Soetiono S melalui Community Development (Comdev) Manajemen PT BKMS Mifti Haris, Selasa (15/12).

Sementara, Presiden Direktur sekaligus CEO IIF, Reynaldi Hermansjah menegaskan bahwa proyek tersebut merupakan kawasan industri pertama yang didanai dalam portofolio IIF.

“IIF merupakan perusahaan swasta nasional yang didirikan oleh pemerintah pusat, untuk mempercepat dan meningkatkan partisipasi sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur,” tegasnya.

Untuk dipahami bahwa, sejak 2013, AKR and Pelindo III telah bekerja sama mengembangkan JIIPE sebagai kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan dan utilitas berstandar internasional. Sedangkan fasilitas pinjaman itu, akan mendanai pengembangan JIIPE tahap dua. (Mor)