Kemenkes Tegaskan Vaksin Covid 19 Gratis untuk Masyarakat Tanpa Syarat Apapun

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan bahwa vaksin Covid-19 gratis untuk masyarakat dan tanpa ada persyaratan apapun. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti arahan dari Presiden Joko Widodo terkait vaksinasi Covid-19. Kemenkes akan memastikan kesiapan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, dan sistem distribusi untuk pelaksanaan vaksinasi.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa vaksin Covid-19 gratis tanpa persyaratan keanggotaan dan keaktifan di BPJS Kesehatan.

“Sekali lagi, vaksin Covid-19 gratis untuk masyarakat tanpa persyaratan apapun,” tegasnya dalam Keterangan Pers Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 ‘Perkembangan Penyiapan Vaksin COVID-19’ yang diselenggarakan di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Jumat (18/12/2020).

Dikatakan Siti Nadia bahwa setelah skema dan mekanisme vaksinasi rampung, akan segera dilakukan sosialisasi kepada pemerintah daerah dan masyarakat. “Saat ini, Kemenkes sedang berkoordinasi lintas kementerian dan lembaga untuk melakukan penyesuaian dan pendalaman skema serta mekanisme vaksinasi. Setelah dirampungkan akan kami sosialisasikan segera kepada pemerintah daerah dan masyarakat,” katanya.

Program vaksinasi Covid-19 adalah prioritas pemerintah dan akan dilaksanakan secara bertahap setelah dikeluarkannya izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (Badan POM) dan rekomendasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta seiring dengan ketersediaan vaksin.

“Risiko Covid-19 itu nyata dan vaksinasi bertujuan untuk mempercepat upaya menurunkan angka penularan, kesakitan dan kematian. Oleh karena itu, masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama melaksanakan penguatan 3T serta disiplin protokol kesehatan,” jelas Siti.

Terakhir, Siti mengimbau agar masyarakat memberikan dukungan pada program vaksinasi Covid-19. Tetap jalankan disiplin 3M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan siap divaksin saat vaksin tersedia. “Bersama-sama kita bangun kekebalan kelompok untuk lindungi diri, lindungi negeri, dan akhiri pandemi,” tutupnya.