PB IBI : 3.592 Bidang Positif Covid 19, 67 Meninggal Dunia

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –   Ketua Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Emi Nurjasmi, mengungkapkan 67 bidan di Indonesia meninggal karena Covid-19 selama pandemi. Angka ini meningkat dari data kemarin yang masih 64 orang.

“Hari ini sudah menjadi 67 (bidan meninggal karena Covid-19),” katanya, Selasa (5/1).

Emi menyebut, total 3.592 bidan positif terinfeksi Covid-19 hingga 4 Januari 2021. 1.056 Di antaranya tengah menjalani isolasi mandiri dan 374 dirawat di rumah sakit.

“Cuma kami mendapatkan informasi mereka (bidan yang dirawat di rumah sakit) tidak mendapatkan tempat,” sambungnya.

Sementara itu, tercatat ada 1.086 bidan berstatus suspek dan 2 probable. Menurut Emi, mayoritas bidan yang terpapar Covid-19 bertugas di fasilitas pelayanan kesehatan primer seperti puskesmas dan klinik bukan rumah sakit.

Karena itu, dia meminta pemerintah memberikan perhatian dan perlindungan kepada para bidan yang bertugas di fasilitas pelayanan kesehatan primer. Dia mengingatkan, tenaga kesehatan yang rentan tertular Covid-19 bukan hanya di rumah sakit rujukan Covid-19.

“Nah barangkali kemarin fokus kita tertuju ke rumah sakit bagaimana memenuhi semua sarana dan prasarana untuk memproteksi, saya rasa perhatian ke puskesmas sama besar semestinya,” kata dia.