Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi -berbaju putih-. (ist)

Besok Jumat Wali Kota Bersama Forkopimda Kota Bekasi Disuntik  Vaksin  Sinovac

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Pada pelaksanaan pertama penyuntikan vaksin covid-19 Sinovac, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi akan menerima vaksin pertama. Pelaksanaannya, Jumat (15/1/2021).

Selain Rahmat, juga akan divaksin anggota  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yakni Kapolres, Dandim, dam Kajari. Penyuntikan  bertempat di Gate 19 Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi pada pukul 10.00 WIB, ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi dr Dezi Syukrawati, Kamis (14/1/2021).
Ia mengungkapkan jadwal tersebut telah diatur oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Karena yang pertama itu pak Presiden RI Joko Widodo,  selanjutnya untuk kepala daerah tanggal 14 dan 15 Januari, ujarnya.

Penyuntikan vaksin Covid-19 akan dituntaskan terlebih dahulu untuk para tenaga kesehatan. Pemberian vaksin akan dilakukan sebanyak dua kali, dengan jenjang waktu 14 hari dari penyuntikan vaksin pertama diberikan. .

Dijelaskan, pelayanan vaksinasi Covid-19 para penerima vaksin harus melewati empat meja. Pertama untuk klarifikasi data/ pendaftaran. Lalu meja kedua untuk melakukan pengecekan kesehatan dan klarifikasi riwayat kesehatan.

Meja tiga, untuk tindakan penyuntikan vaksin dan meja empat, orang yang sudah disuntik akan diberikan kartu tanda suntik pertama telah dilakukan.

Disebutkan, kini sebanyak 14.060 vaksin Covid-19 tiba di Kota Bekasi, dan  disimpan di Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kompleks Perum Bumyagara Jalan Bayan 1 Nomor 1 Kelurahan Mustika Jaya Kecamatan Mustika Jaya.

Tahap selanjutnya penyuntikan akan dilalukan kepada masyarakat. Kendati sudah divaksin, diimbau kepada semua masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna penyetopan penyebaran covid-19. (jonder sihotang)