(Istimewa)

MPL Indonesia Siap Kembangkan Ekosistem Esports

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Mobile Premier League (MPL) yang merupakan platform esports dan mobile gaming terbesar di Asia, beberapa waktu lalu berhasil menggalang pendanaan Seri D senilai US$ 95 juta dari Composite Capital dan Moore Strategic Ventures. Kondisi ini membuat MPL Indonesia lebih agresif membangun brand awareness sekaligus memberikan edukasi dalam kompetisi esports secara sportif serta mengembangkan ekosistem olahraga ini di Tanah Air.

“Pendanaan baru ini akan digunakan MPL Indonesia untuk membangun brand awareness secara agresif mengingat platform kami masih cukup baru di industri gaming di Indonesia. Kami juga ingin mengedukasi pasar mengenai keunikan proposisi kami dimana memungkinkan game menjadi kegiatan yang produktif dan bagaimana pemain kami dapat berkompetisi secara sportif dalam bermain game dan mendapatkan hadiah. Harapan kami MPL dapat berkontribusi lebih banyak lagi dalam mengembangkan ekosistem esports di Indonesia,” jelas Country Head MPL Indonesia Ridzki Syahputera melaluinrilisnya, Selasa (2/3/2021).

Ridzki Syahputera. (Ist)

Beberapa tahun terakhir ini mobile gaming dan esports berkembang pesat di Indonesia. Menurut Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju, esports di Indonesia terus berkembang dan bertumbuh dengan angka mencapai Rp 13 triliun. Sementara populasi pengguna online mencapai 52,6 juta orang dan jumlah gamers mencapai 34 juta pemain. Besarnya peningkatan ini juga berdampak pada platform gaming berbasis skill seperti MPL yang kini memiliki kurang lebih 3,5 juta pemain di Indonesia.

Seperti seorang atlet olahraga pada umumnya, atlet esports juga perlu berlatih secara rutin dan mengikuti ajang kompetisi untuk menguji perkembangan kemampuan mereka. Sekarang kesempatan menjadi atlet esports semakin terbuka melalui MPL. Semua dapat dilakukan di dalam platform MPL, dari mulai memilih game yang mereka minati dan berlatih untuk mengasah ketangkasan dan keterampilan secara rutin. KPemain juga dapat mengikuti turnamen secara lebih mudah, dari mulai registrasi, kompetisi, hingga penerimaan hadiah setelah turnamen berakhir dapat dilakukan di satu platform MPL.

Platform MPL menyelenggarakan sebanyak 1400 turnamen setiap harinya, seperti Master Skor, Dua Pilar dan Makin Jago dimana pemenang akan mendapatkan hadiah berupa berlian kemenangan yang dapat ditarik ke GoPay atau LinkAja. Untuk turnamen yang berskala lebih besar seperti Salam TeMPL dan Kado Akhir Pekan, hadiahnya juga lebih besar seperti sepeda motor, laptop dan telepon genggam. Sedangkan pada turnamen berskala nasional seperti Piala Presiden 2020, MPL memberikan hadiah uang tunai sejumlah Rp 225,000,000 kepada para pemenang.

“Dalam beberapa bulan terakhir – terutama sejak diluncurkannya brand campaign di beberapa saluran TV – user based MPL berkembang sebesar 85%. Melihat antusiasme ini kedepannya kami memiliki harapan untuk meningkatkan sinergi dengan Local Games Developer dan terus mengedukasi masyarakat mengenai olahraga esports sebagai salah satu upaya untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia,” pungkas Ridzki.