BPBD Prediksi Bakal Terjadi Cuaca Ekstrem di Jakarta 15-16 April 2021

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memprediksi bakal terjadi cuaca ekstrem di wilayah Jakarta. Informasi tersebut dikutip dari unggahan akun instagram BPBD @bpbddkijakarta.

“Berdasarkan peringatan dari BNPB dan BMKG pada 15-16 April 2021 akan terjadi hujan disertai kilat atau petir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya,” melalui akun media sosialnya.

BPBD menjelaskan BMKG sebagai Tropycal Cyclone Warning Center mendeteksi adanya Potensi Bibit Siklon Tropis 94W di Samudera Pasifik dari Timur Laut Papua yang berpotensi menguat menjadi siklon tropis dalam seminggu ke depan. Bibit siklon tersebut akan memengaruhi cuaca di bagian utara wilayah Indonesia, khususnya di daerah timur.

Namun potensi cuaca ekstrem juga akan dirasakan di DKI Jakarta. Karena hal itu, BPBD mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem,” ucapnya.

Potensi tersebut seperti halnya angin kencang, hujan lebat dan dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

“Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi call center 112, laporkan bila ditemukan genangan atau banjir melalui aplikasi JAKI,” imbuhnya.