Menkes Minta Kontroversi Vaksin Nusantara Dibicarakan Pada Tataran Ilmiah

JAKARTA (Independensi.com) – Vaksin Nusantara yang dikembangkan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terus menuai kontroversi. Hal ini membuat Menkes Budi Gunadi Sadikin Angkat Bicara.

Menurutnya, kontroversi vaksin Nusantara harus dibicarakan pada tataran ilmiah. Apalagi perdebatan-perdebatan soal vaksin berbasis sel dendritik ini bersifat saintifik.

“Saya bukan ahlinya, tapi dari yang saya pelajari, vaksin ini–termasuk Vaksin Nusantara–sifatnya sangat scientist, sangat ilmiah,” ucap Budi dalam forum diskusi pada Minggu (18/4/2021).

“Jadi, tolong dibicarakan pada tataran ilmiah, seperti seminar, jurnal-jurnal ilmiah. Itu sangat ‘oke’ untuk berdebat, terlebih lagi di jurnal ilmiah. Tapi dilakukan juga oleh ilmuwan-ilmuwan,” sambungnya.

Ranah ilmiah dinilai cocok untuk saling tukar informasi, berdiskusi sekaligus perdebatan mengenai pengembangan Vaksin Nusantara. Para ilmuwan juga dapat menyuarakan pandangan secara keilmiahan.

“(Perdebatan Vaksin Nusantara) Jangan dilakukan pada tataran media atau tataran politik. Saya pikir enggak cocok. Biarkan para ilmuwan berdebat pada tataran ini (ilmiah),” imbuh Menkes.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *