Mayjen TNI Madsuni SE

Aster Panglima TNI: Komsos TNI dengan Masyarakat Bagian dari Binter Era Pandemi Covid-19

KUNINGAN (Independensi.com) – Kegiatan Komsos TNI dengan masyarakat Cidahu merupakan bagian dari metode Pembinaan Teritorial (Binter) yang memiliki tujuan agar terpeliharanya komunikasi dan silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda, sehingga dapat terjalin sinergitas dalam mewujudkan kondisi yang tangguh di Era Pandemi Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, S.E. pada acara Komunikasi Sosial Tentara Nasional Indonesia (Komsos TNI) dengan komponen masyarakat Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (1/6/2021).

Aster Panglima TNI menjelaskan bahwa dalam hal percepatan penanganan Covid-19 melalui Program PPKM Mikro dan Program Vaksinasi serta membantu pemerintah di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yaitu melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam rangka mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh guna menciptakan suasana yang kondusif, sehingga terwujudnya stabilitas keamanan di masa pandemi Covid-19.

Sebagaimana tema pada kegiatan Komsos TNI saat ini, yakni “Melalui Komunikasi Sosial TNI Dengan Komponen Masyarakat, Kita Tingkatkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat Dalam Rangka Mewujudkan RAK Juang Yang Tangguh di Era Pandemi Covid-19”.

Menyikapi kondisi saat ini, Aster Panglima TNI mengajak Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda khususnya di wilayah Kabupaten Kuningan untuk bersama-sama turut aktif mendisiplinkan Protokol Kesehatan, 3M, 3T (tracing, testing, treatment) dan mendukung Program PPKM (Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berskala mikro, pembatasan kegiatan masyarakat di Desa/Kelurahan agar rantai penyebaran Covid-19 cepat terputus dan segera berakhir.

“Kita juga turut serta dalam mendukung pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan di klaster-klaster tertentu seperti pasar, jasa ekonomi dan wilayah yang sudah dinyatakan zona merah,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Aster Panglima TNI membuka dan memulai secara resmi rangkaian kegiatan Serbuan Teritorial TNI skala besar sekalipun kegiatannya sudah berjalan. Untuk wilayah Kodam III/Siliwangi dipusatkan di Kabupaten Kuningan dengan beberapa kegiatan fisik, yaitu pengaspalan jalan sepanjang 550 meter, pembangunan sarana dan prasarana olahraga sirkuit motor cross, lapangan tembak, pipanisasi air bersih untuk komsumsi masyarakat dan pertanian sepanjang 6.100 meter (6,1 km), Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 5 unit, pembersihan fasilitas umum berupa 15 rumah ibadah dan penghijauan sungai Cisanggarung.

Selain kegiatan fisik, Serbuan Teritorial TNI dilaksanakan dalam bentuk kegiatan non fisik yaitu sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat untuk peningkatan hasil produksi daerah pertanian, perikanan dan peternakan serta penyuluhan wawasan kebangsaan tentang bahaya radikalisme, terorisme dan deradikalisme serta pembagian sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kegiatan serbuan teritorial dan kegiatan Komsos yang dilaksanakan TNI semata-mata adalah untuk kepentingan masyarakat, membantu Pemerintah Daerah dalam meringankan kesulitan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraannya, sekalipun demikian, tetap diharapkan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskannya,” pungkas Mayjen TNI Madsuni.

Kegiatan Komsos TNI dengan Masyarakat Cidahu, diisi pula dengan paparan oleh Bapak Iqbal Khusaini, S.E. tentang strategi dan peran masyarakat dalam menghadapi dan mencegah radikalisme, dan ceramah agama berkaitan dengan penanganan Covid-19 dan menghadapi radikalisme dari aspek Agama Islam yang disampaikan oleh KH. Syarif Hidayatullah selaku Tokoh Agama Kabupaten Kuningan.

Selain itu, juga diadakan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Paban IV/Komsos Ster TNI Kolonel Inf Jacky Ariestanto, S.Sos., M..S.sos. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Aspers Panglima TNI kepada Bapak Iqbal Khusaini, S.E. dan KH. Syarif Hidayatullah

Turut hadir pada acara tersebut, diantaranya Danrem 063/Sun’an Gunung Jati Kolonel Inf Elkines Villando Dewangsa K., S.A.P., Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf David Nainggolan, S.T., Waaster Kodam III/Siliwangi Letkol Kav Mujahidin, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H., M.H., dan Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy, S.E. serta Camat se-Kabupaten Kuningan.(pr/chk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *