SMA Dwiwarna Boarding School

Kiat Jitu Mempersiapkan Hari Pertama Sekolah untuk Siswa

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Hari pertama sekolah terutama bagi siswa baru seringkali menjadi sesuatu hal yang menakutkan dan membuat cemas. Keadaan seperti itu sebenarnya bisa diatasi dengan cara mempersiapkan hari pertama sekolah dengan sebaik-baiknya. Menyiapkan siswa agar lebih tenang menghadapi hari pertamanya di sekolah baru membantu mereka menghindari rasa cemas yang berujung pada stres.

Kiat dan tips untuk mempersiapkan siswa memasuki hari pertama sekolahnya dengan lebih percaya diri memang sebagian besar menjadi tugas dari orang tua. Meskipun setelah nanti berada di lingkungan sekolah juga menjadi tanggung jawab guru dan seluruh komponennya. Agar siswa tidak menjadi minder, cemas, takut, dan stres sebaiknya persiapkan mereka menghadapi hari pertama sekolah melalui beberapa cara berikut ini.

  1. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Mengapa muncul rasa gelisah dan kecemasan saat akan memasuki hari pertama sekolah terutama bagi siswa baru? Kebanyakan terjadi karena siswa merasa kurang percaya diri dan menganggap dirinya tidak pantas bergaul dengan teman barunya. Terlebih lagi kalau sekolah tersebut adalah sekolah favorit dimana siswa-siswanya tentu saja pilihan.

Menumbuhkan rasa percaya diri merupakan kunci dalam mempersiapkan hari pertama sekolah. Yakinkan bahwa semua siswa yang diterima di sekolah tersebut adalah pilihan termasuk siswa tersebut sehingga bisa muncul keyakinan dalam dirinya.

  1. Mengenali Macam Kegiatan di Sekolah

Bukan hanya disebabkan oleh rasa tidak percaya diri saja yang membuat siswa tidak nyaman ketika hari pertama masuk sekolah. Penyebab lainnya kemungkinan karena siswa belum mengenal apa saja kegiatan di sekolah tersebut sehingga bingung harus melakukan apa.

Sebelum memasuki hari pertama sekolah ada baiknya minta informasi kepada guru kegiatan apa saja yang akan dilakukan dan ada di sekolah tersebut. Dengan begitu siswa sudah mempunyai gambaran aktivitas apa saja yang akan dilaluinya pada hari pertama sekolah.

  1. Belajar Sosialisasi

Bagi siswa yang memang pandai bergaul kemungkinan besar tidak akan ada masalah apapun saat memasuki hari pertama sekolah dengan teman-teman yang baru. Nah, bagi siswa yang kurang memiliki kemampuan untuk bersosialisasi terutama ketika berada di lingkungan yang baru maka harus dilatih  dan diajarkan.

Caranya, lebih banyak melakukan aktivitas di luar rumah agar lebih pandai bergaul dengan lingkungan sekitar. Ini akan membantu siswa lebih cepat bersosialisasi saat memasuki hari pertama di sekolah.

  1. Kunjungi Sekolah Sebelumnya

Ada sebuah ungkapan yang berbunyi “tak kenal maka tak sayang” dan kalimat tersebut berlaku juga bagi para siswa baru. Rasa cemas dan tidak nyaman saat hari pertama sekolah bisa disebabkan karena sekolah tersebut merupakan hal yang masih asing untuknya.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk datang dan mengunjungi dulu sekolah sebelum tiba waktunya jadwal masuk. Mengunjungi lebih dulu sekolah membantu siswa untuk lebih mengenal lingkungan dan segala sesuatu yang ada di dalamnya sehingga tidak merasa asing lagi.

  1. Tumbuhkan Persepsi Sekolah Itu Menyenangkan

Hari pertama sekolah biasanya dijalani setelah masa liburan yang cukup panjang sehingga wajar kalau muncul rasa malas. Untuk mengurangi dan mengusir rasa malas tersebut tumbuhkan persepsi bahwa semua aktivitas di sekolah itu menyenangkan.  Bisa belajar dan bermain dengan teman-teman di sekolah adalah hal seru yang tidak bisa didapatkan di rumah.

Mempersiapkan hari pertama sekolah dengan sebaik-baiknya membantu siswa untuk lebih percaya diri dan nyaman menjalani pendidikannya sejak awal. Persiapan juga bisa dilakukan sejak mengikuti proses PPDB Boarding School di SMA Dwiwarna (Boarding School) agar ketika mulai memasuki hari pertama sekolah siswa sudah sangat siap.