Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto tengah berpidato saat peninjauan latihan pembulatan siswa Komponen Cadangan (Komcad) di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/9/2021). (Istimewa)

Menhan Prabowo Beri Arahan Siswa Komcad di Pusdiklatpassus Batujajar

Loading

BANDUNG (Independensi.com) – Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto melakukan peninjauan langsung latihan pembulatan siswa Komponen Cadangan (Komcad) di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/9/2021).

Menggunakan helikopter Caracal TNI AU, Menhan beserta jajarannya mendarat di lanud Suparlan yang berada di Pusdikpassus Batujajar. Prabowo dengan menggunakan stelan safari coklat, sempat berkeliling di Kstarian Pusdikpassus Batujajar dengan menggunakan kendaraan rantis sambil bernostalgia kala menjabat sebagai Danpusdikpassus.

Saat berkeliling komplek Kstarian Pusdikpassus, rombongan Menhan Prabowo disambut hangat keluarga besar Pusdikpassus yang menempati mess dan rumah dinas. Bahkan para ibu dan anak-anak antusias menyambut dengan melambaikan tangan. Menhan pada gilirannya berkesempatan menyapa dan berjabat tangan dengan warga Pusdikpassus untuk bercengkrama sejenak sekaligus memberikan apresiasi atas penyambutan itu.

Kedatangan Menhan Prabowo ini diisi dengan kemahiran siswa Komcad dengan melakukan demonstrasi keterampilan yang diikuti oleh total 2.500 siswa. Turut mendampingi Menhan Prabowo, Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan, Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdiklatpassus) Kopassus Brigjen TNI Thevi Zebua dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemenhan Marsda TNI Yusuf Jauhari. Selain itu turut mendampingi Asisten khusus Kemhan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, dan Letjen TNI (Purn) Hotmangaraja Pandjaitan,

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo menyampaikan bahwa Komponen Cadangan (Komcad) adalah bagian amanat Undang Undang Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN). “Setiap warga negara Indonesia wajib dan berhak ikut bela negara,” kata Prabowo.

Lebih jauh Menhan Prabowo menjelaskan, untuk saat ini pembetukan komponen cadangan tahun 2021 sebanyak 2.500 orang yang dilaksanakan di Pulau Jawa yaitu Kodam Jaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya. Sedangkan untuk wilayah lainnya yaitu Kalimantan dengan alokasi sebanyak 500 orang yang berada di Kodam XII/Tanjungpura dengan tujuan untuk membentuk serta mendidik sesuai dengan kurikulum Latsarmil.

“Saya harap anggota komponen cadangan dapat melaksanakan tugas di satuan jajaran TNI, sehingga mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dalam menghadapi ancaman,” terangnya. ”Jadi penggunaan komponen cadangan ialah untuk menghadapi ancaman militer maupun hibrida yang penggunaannya dilaksanakan melalui keputusan Pemerintah (Presiden) dengan persetujuan DPR yang kendalinya dibawah Panglima TNI,” imbuh Prabowo.

Lima Kodam

Sementara itu Danpusdiklatpassus Brigjen TNI Thevi Zebua menyampaikan, jumlah peserta 2.500 Komcad datang dari lima Komando Daerah Militer (Kodam) yakni Kodam XII/Tanjungpura, Kodam Jaya, Kodam III/ Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro dan Kodam V/Brawijaya.

Sebelum bergabung di Batujajar, para siswa mendapatkan pendidikan dasar militer dan taktis sedikitnya selama tiga bulan di Resimen Induk Kodam (Rindam) masing-masing. Sedangkan kegiatan latihan pembulatan ini sedianya dilaksanakan selama dua pekan dan untuk melihat sejauh mana pelatihan yang sudah dijalani sekaligus penguasaan materi yang telah diberikan.