Sapsiree Taerattanachai dan Dechapol Puavaranukroh. (Humas PP PBSI)

“Super Sapsiree” Tak Terkalahkan

Loading

NUSA DUA (Independensi.com) – Kalau ada yang tanya, siapakah pemain tangguh sejati di Nusa Dua pekan lalu? Hanya satu nama, dia adalah Sapsiree Taerattanachai asal Thailand. Pebulutangkis 29 tahun ini membuktikan sebagai pemain dengan fisik sangat mumpuni serta berprestasi maksimal. Tercatat, empat gelar juara dari enam turnamen dan 50 pertandingan sudah dilahapnya. Catatan pertandingan itu didapat dalam penampilan di nomor ganda putri dan ganda campuran.

Khusus untuk ganda campuran, dia bersama Dechapol “Bass” Puavaranukroh menuai sukses di BWF World Tour Finals 2020 pada bulan Januari lalu di Bangkok, Thailand. Tiga gelar lainnya diraih saat tampil dalam rangkaian turnamen Indonesia Badminton Festival 2021 yang dimainkan di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, pekan lalu.

Bermain tiga pekan beruntun usai bertanding di benua Eropa, tak membuat performa kedua ganda campuran nomor dua dunia itu mengendur. Sedikitnya 75 hari dengan 50 kali bertanding, sudah membuat orang berdecak kagum pada kekuatan super seorang Sapsiree.

“Ini gila banget. Saya rasa ini adalah pertama dan terakhir kali saya bisa bermain 50 pertandingan dalam waktu singkat,” katamya sambil tertawa dikutip situs BWF. Berlaga dengan Dechapol yang akrab disapa Bass, Sapsiree yang punya nama panggilan Popor ini senantiasa termotivasi untuk mencetak gelar juara.

Kunci keberhasilannya? “Saya punya tim kepelatihan yang luar biasa. Sudah seperti keluarga dan punya pemikiran positif yang sama untuk kemenangan,” katanya. Maka tidak heran Bass/Popor tetap tangguh dan siap sedia bertanding tanpa kuatir cedera maupun kelelahan. “Semua berkat sport science. Saya selalu lakukan pemulihan dan rekondisi fisik dengan cepat. Saya lakukan pelatihan di bawah pengawasan tim kepelatihan yang luar biasa. Saya hanya berlatih fisik dan tidur nyenyak enam sampai delapan jam,” katanya mengungkapkan resep “superioritasnya”.

Tak heran usai sukses di Bangkok, Bass/Sapsiree bisa melibas tiga gelar di Nusa Dua yakni juara di Indonesia Masters, Indonesia Open dan BWF World Tour Finals 2021. “Kami sudah bersiap sejak tiga bulan lalu untuk turnamen di Bali,” katanya.