Pesawat terbang hasil karya Heri Suyanto yang berada dihalaman rumahnya di Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menjadi tontonan warga.

Berbekal Pengalaman, Hari Suyanto Eks TKI Mampu Merakit Pesawat Terbang

Loading

LAMONGAN (Independensi.com) – Masyarakat Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menjadi heboh lantaran salah seorang warga setempat yang bernama Heri Suyanto mampu merakit pesawat terbang terbang.

Hebatnya lagi Heri demikian pria (42) itu biasa disapa, mendesain dan merakit sendiri pesawat terbang hasil karyanya. Bahkan, ia sudah berhasil membuat tiga pesawat sekaligus sesuai dengan pesanan dari pembeli.

“Saya sudah memproduksi tiga pesawat, dua sudah laku terjual dibeli oleh pemerintah Republik Ceko dan satu lagi tengah saya kerjakan akan di beli oleh TNI AU,” ujarnya, Rabu (15/12).

Menurutnya kini pesawat yang akan dibeli oleh TNI AU, jenis latih ia dirakit sendiri di pelataran halaman rumahnya. “Insya Allah dalam beberapa hari ke depan, pesawat pesanan TNI AU akan jadi,” tuturnya sambil menunjukkan pesawat buatannya.

Di tanya kemampuannya dalam membuat pesawat terbang belajar dari mana, Heri yang mengaku hanya seorang lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM) itu. Ketrampilannya dalam membuat pesawat, ia dapatkan saat masih bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

“Saya dulu seorang TKI, yang perna tergabung bekerja di salah satu perusahaan pembuatan pesawat terbang di Republik Ceko,” katanya.

“Sejak berhenti menjadi TKI dan kembali ke Indonesia, berbekal pengalaman saya langsung memutuskan untuk membuat pesawat terbang sendiri saat menetap di Ciamis, Jawa Barat. Ternyata, begitu jadi langsung dibeli pemerintah Republik Ceko,” ungkapnya.

“Untuk pesawat yang saya rakit sendiri di rumah Lamongan ini, komponennya saya bawa dari Ciamis dengan diangkut truk. Kenapa saya rakit di Lamongan, karena saya ingin memberikan motivasi kepada anak-anak muda Lamongan khususnya bahwa orang Indonesia juga bisa membuat pesawat terbang sendiri,” tegasnya.

“Kompenen pesawat terbang saya beli dari luar negeri, namun ada juga beberapa komponen yang saya rakit sendiri,” pungkasnya. (Mor)