Gambar diambil dari satelit

China Rekam Pergerakan Militer Amerika Serikat di Teluk San Fransisco

Loading

BEIJING (Independensi.com) – Dalam hitungan tidak lebih dari 43 detik, sebuah satelit kecil China menangkap gambar area yang luas di sekitar kota Amerika Serikat yang cukup tajam.

The South China Morning Post, Selasa, 28 Desember 2021, melaporkan, satelit China dalam limit waktu 43 detik berhasil mengidentifikasi kendaraan militer di jalan dan memberi tahu jenis senjata apa yang mungkin dibawanya, kata para ilmuwan yang melaporkan terobosan tersebut.

China ingin menyampaikan pesan, bahwa seluruh pergerakan militer Amerika Serikat, di sejumlah negara, bisa terpantau dengan baik dan mampu diantisipasi dengan baik pula.

Dengan demikian, semua pergerakan militer Amerika Serikat di wilayah Laut China Selatan, wilayah yang dipersengketakan banyak negara, selalu bisa terpantau dengan baik oleh fasilitas teknologi inovasi yang canggih milik China.

Sebuah kenyataan paradoksal, karena tahun 1961, Amerika Serikat merangkul China dalam mengeleminir pengaruh Union of Soviet Socialist Republic (USSR).

Amerika Serikat dengan senang hati mendidik China membangun reaktor nuklir, dalam perlombaan persenjataan global di era Perang Dingin, 1945 – 1991.

China menjadi negara paling depan dalam pertumbuhan ekonomi dan teknologi inovasi dunia pada abad ke-21, dengan menekankan pada diplomasi kebudayaan, karena belajar dari keruntuhan USSR dan sikap angkuh Amerika Serikat.

Kemajuan pesat dialami China pada abad ke-21, membuktikan letak kesuksesan pembangunan sebuah negara, karena didasarkan konsep akselerasi, kapitalisasi dan modernisasi kebudayaan dalam pembangunan nasionalnya.

Demikian analis Yang Sheng dan Chen Qingqing dalam The Global Times, Senin, 27 Desember 2021.

Terpantau di Teluk San Fransisco
Beijing-3, satelit komersial satu ton kecil yang diluncurkan oleh China pada bulan Juni 2021, melakukan pemindaian mendalam terhadap area inti Teluk San Francisco (3.800 kilometer persegi atau 1.470 mil persegi), menurut para ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut.

Sebagian besar satelit pengamatan Bumi harus stabil saat mengambil gambar karena mekanisme kontrol sikap dapat menghasilkan getaran yang mengaburkan gambar.

Namun dalam percobaan pada 16 Juni 2021, Beijing-3 berguling dan menguap dengan liar, gerakan dramatis mengubah sudut pandang kameranya ke tanah saat terbang di atas Amerika Utara.

Gerakan itu memungkinkannya untuk menangkap area yang lebih besar daripada yang dikelola satelit sampai sekarang.

Gambar, diambil dari ketinggian 500 kilometer (310 mil), memiliki resolusi 50 sentimeter per piksel.

Tes kinerja di Amerika Utara dan daerah lain menunjukkan bahwa satelit dapat mengambil gambar saat tubuhnya berputar hingga 10 derajat per detik, kecepatan yang tidak terlihat pada satelit sebelumnya.

Gambar diambil dari satelit

“China relatif terlambat dalam teknologi satelit tangkas, tetapi mencapai sejumlah besar terobosan dalam waktu singkat,” kata ilmuwan utama proyek Yang Fang dan rekan-rekannya dari Perusahaan Satelit DFH yang menulis dalam sebuah makalah yang diterbitkan di peer-review domestic, jurnal Spacecraft Engineering bulan Desember 2021.

“Tingkat teknologi kami telah mencapai posisi terdepan dunia.”

Meskipun ukurannya kecil dan biayanya relatif rendah, Beijing-3 dianggap sebagai satelit paling gesit dan bisa menjadi salah satu satelit pengamatan Bumi paling kuat yang pernah dibuat, menurut Yang.

Satelit di orbit bawah biasanya dapat mengamati garis lurus dan sempit di bawahnya.

Itu harus mengelilingi Bumi beberapa kali atau bekerja dengan satelit lain untuk mencakup wilayah yang diinginkan.

Kegesitan Beijing-3 yang tak tertandingi memungkinkannya untuk melakukan beberapa tugas pengamatan yang sebelumnya dianggap tidak mungkin secara teknis.

Sebagai contoh  mengambil gambar Sungai Yangtze yang berkelok-kelok sepanjang 6.300 kilometer antara dataran tinggi Tibet dan Laut Cina Timur, hanya dengan sekali terbang dari utara ke selatan di atas Cina, menurut Yang dan rekan-rekannya.

Teknologi Kecerdasan Buatan

Dengan teknologi kecerdasan buatan, satelit dapat merencanakan jadwal penerbangannya secara independen untuk memantau hingga 500 area yang diminati di seluruh dunia dengan hampir 100 kunjungan ulang setiap hari.

Satelit juga dapat mendeteksi keberadaan target tertentu dan mengirim foto target mereka ke kontrol darat.

Waktu respons Beijing-3 2-3 kali lebih cepat daripada WorldView-4, satelit pengamatan bumi paling canggih yang dikembangkan oleh Amerika Serikat dengan teknologi serupa, menurut Yang dan rekan-rekannya.

Dibandingkan dengan WorldView-4, pita pemindaian Beijing-3 77 persen lebih lebar (23 kilometer satelit China dibandingkan dengan 13km satelit Amerika) dengan hanya setengah beratnya.
Namun, satelit AS memiliki keunggulan marjinal di area yang vital untuk beberapa aplikasi sensitif.

Satelit WorldView-4 dibangun oleh Lockheed Martin dengan biaya lebih dari US$800 juta.

Diluncurkan pada tahun 2016, satelit itu diharapkan beroperasi selama 10-12 tahun untuk memberikan gambar terbaik dari luar angkasa yang dapat dibeli dengan uang.

Ini gagal secara tak terduga pada tahun 2019 karena kesalahan pada giroskop kontrol sikap.

Yang dan rekan penulisnya mengatakan satelit Beijing-3 dibangun di atas platform revolusioner yang dikenal sebagai CAST3000E yang akan memunculkan generasi baru satelit observasi China yang berukuran kecil tetapi berkinerja tinggi.

Platform baru membawa panel surya dengan struktur unik untuk menghentikan guncangan saat satelit berputar dengan cepat dan tajam.

Sistem pendingin yang canggih dapat mencegah komponen yang terlalu panas secara tiba-tiba terkena sinar matahari.

Komponen penting, seperti teleskop dan antena, juga dirancang menggunakan teknologi baru, seperti kontrol AI, untuk melindungi satelit dari kerugian fisik yang disebabkan oleh pergerakan cepat.

Satelit yang dibangun pada platform baru dapat menyimpan satu terabyte gambar dan data pancaran ke tanah dengan kecepatan satu gigabyte per detik, mengungguli satelit pesaing dari AS.

Meskipun China telah mengejar ketinggalan dengan teknologi, pasar pengamatan bumi global masih didominasi oleh Barat, kata Qi Yimin, seorang manajer penjualan untuk Perusahaan Satelit DFH di Beijing.

Di China, lebih dari 85 persen produk pencitraan satelit definisi tinggi dan hampir semua produk resolusi rendah hingga menengah sekarang diproduksi oleh satelit China, kata Qi dalam makalah terpisah yang diterbitkan dalam jurnal yang sama bulan Desember 2021.

Digunakan Mesir, India dan China
Gambar-gambar ini digunakan oleh lebih dari 20.000 perusahaan China dan menghasilkan pendapatan tahunan lebih dari 260 miliar yuan (US$41 miliar).
Tetapi hanya sejumlah kecil negara – seperti Mesir, India dan Belanda – yang telah membeli citra satelit komersial dari China, kata Qi.

“Satelit komersial negara kita mulai terlambat, rantai industri belum matang, dan bisnis masih dalam tahap awal pengembangan,” kata Qi di koran.

Sebagian besar produk pencitraan satelit China melayani pengguna pemerintah atau militer.

“Kami perlu mengubah model bisnis kami untuk mengembangkan pelanggan potensial lainnya,” tambah Qi.
Sumber: the south china morning post/the global times. (Aju)