Christian Adinata. (Humas PP PBSI)

Tunggal Putra Gagal Raih Emas

Loading

BAC GIANG (Independensi.com) – Sektor tunggal putra Indonesia belum berhasil menyumbang medali peorangan di ajang bulutangkis SEA Games Vietnam 2021. Dua pemain yang diturunkan, sudah tersisih di babak-babak awal.

Christian Adinata terhenti di babak 16 besar dari pebulutangkis veteran Vietnam, Nguyen Tien Minh 12-21, 19-21. Sementara Chico Aura Dwi Wardoyo dihadang wakil Singapura, Jiang Heng Jason Teh di perempat final dengan skor 16-21, 16-21.

Harry Hartono sebagai pelatih menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia. “Kami mohon maaf kepada masyarakat Indonesia, karena tahun ini tim tunggal putra belum bisa menyumbang medali,” ucap Harry seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI, Jumat (20/5/2022).

“Penampilan Chico dan Christian kurang maksimal, tentunya akan ada evaluasi dan catatan untuk diperbaiki dan ditingkatkan lagi,” sambung Harry. Dia mengatakan ada beban yang cukup berat bagi keduanya, sehingga tidak mampu tampil lepas.

Di luar sektor tunggal putra, Indonesia meloloskan tujuh wakil ke babak semi final SEA Games Vietnam 2021. Mereka adalah Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani (tunggal putri). Lalu, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra). Berikutnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri), serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso (ganda campuran).

Belum Terbendung

Kegembiraan diluapkan pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, usai memastikan menyabet medali perorangan ajang bulutangkis SEA Games Vietnam 2021. “Rasanya senang sekali bisa menyumbang medali untuk Indonesia di SEA Games pertama saya,” kata Putri.

Putri KW. (Ist)

Tapi Putri tahu perjuangan belum selesai, masih ada partai semi final yang harus dijalani. Dia akan kembali menantang wakil Thailand, Pornpawee Chochuwong. “Tapi memang tidak boleh terlalu senang dulu, masih ada pertandingan besok yang lawannya tidak mudah,” tutur Putri. Dari catatan yang ada, Putri memang baru saja bertemu Pornpawee, tepatnya di final nomor beregu hari Rabu (18/5/2022) lalu. Saat itu, Putri harus mengakui keunggulan lawannya 16-21, 20-22.

Sementara, Putri berhasil melangkah ke babak semi final usai mengalahkan wakil Filipina Sarah Joy Barredo di babak perempat final hari Jumat (20/5). Pada laga yang berlangsung di Bac Giang Gymnasium itu, Putri menang dua gim langsung 21-11, 21-9.

Di laga lain, Gregoria Mariska Tunjung juga berhasil memastikan diri lolos ke babak semi final setelah menundukkan wakil Filipina lainnya De Guzman Mikaela Joy dengan skor 21-9, 21-7.

“Puji Tuhan bisa dapat medali lagi untuk Indonesia. Pastinya saya tidak puas di sini, mau upgrade warna medalinya. Semoga besok saya bisa mengeluarkan seluruh kemampuan saya dan main maksimal,” ucap Gregoria.

Medali di sektor tunggal putri diborong Indonesia dan Thailand setelah Gregoria juga akan menantang wakil Thailand di babak semi final, Phittayaporn Chaiwan.