Rudianto Tjen Optimis Festival Kopi Tanah Air Bangkitkan Produk Lokal

Loading

JAKARTA (Independensi.com)- Anggota Komisi I DPR RI, Ir. Rudianto Tjen optimistis  Festival Kopi Tanah Air yang diadakan oleh PDI Perjuangan  mampu membuat produk kopi khas daerah dari seluruh Indonesia tumbuh bergeliat.

Pasalnya, melalui festival tersebut, berbagai jenis kopi lokal dari Sabang hingga Merauke akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, Rudi menyebutkan bahwa produk kopi yang dihadirkan dalam festival tersebut didatangkan langsung dari berbagai penjuru wilayah Indonesia. Sehingga hal ini juga, kata Wakil Bendahara Umum PDI-Perjuangan itu, akan ikut membantu pelaku usaha yang bergerak di bidang kopi untuk memasarkan produknya.

“Dengan adanya Festival Kopi ini, saya yakin kopi khas dari berbagai daerah tanah air akan lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, sehingga kita harapkan produk-produk lokal khususnya di bidang kopi tanah air bisa kembali bangkit dan bergeliat,” kata Rudianto Tjen, baru-baru ini.

Seperti diketahui, Festival Kopi Tanah Air tersebut digelar di Parkiran Timur Selatan Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2022) dengan satu agendanya Pemecahan Rekor MURI untuk sulang kopi bersama.

Sebelumnya, wakil rakyat asal Bangka Belitung itu merasa bangga kepada PDI-Perjuangan yang selalu berupaya memberikan solusi konkrit untuk membangkitkan ekonomi masyarakat seiring mulai melandainya pandemi Covid-19.

“Saya sangat bangga dan apresiasi kepada PDI Perjuangan yang selalu melakukan berbagai upaya untuk terus membangkitkan perekonomian masyarakat di Indonesia, salah satunya melalui Festival Kopi Tanah Air ini,” ucap Rudi.

Rudi menyebutkan bahwa produk lokal yang bergeliat merupakan salah satu solusi alternatif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya pikir bahwa dengan bergeliatnya produk-produk lokal, mampu menjadi alternatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata wakil rakyat kelahiran Sungailiat, Bangka tersebut.

Oleh karena itu, Rudi turut mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi produk lokal. Cara ini menurutnya, menjadi langkah konkrit membangkitkan dunia usaha yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Apalagi, kata Rudi, di tengah pandemi Covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan akan berlalu, dibutuhkan upaya bersama saling gotong royong untuk menjadikan perekonomian masyarakat kembali bergeliat seperti sedia kala.

“Produk-produk lokal seperti ini sudah seharusnya kita dukung bersama. Karena kita ketahui, ekonomi kita dalam masa bangkit pasca mewabahnya pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia,” kata Rudi.

Lanjut Rudi menjelaskan, dengan bergeliatnya produk lokal imbasnya akan berdampak pada terbukanya lapangan kerja.

“Penggunaan produk-produk lokal tentu saja akan meningkatkan kapasitas produksi industri baik kecil, menengah, dan besar. Kenaikan kapasitas produksi ini jelas akan memberi dampak positif pada peningkatan pendapatan dan pembukaan lapangan kerja,” kata dia.

“Dan kita berharap semua upaya yang kita lakukan bersama dapat membuat perekonomian masyarakat bisa bangkit lagi,” pungkasnya. (Hiski Darmayana)