Sukmawati Sukarnoputri dan Arya Wedakarna

Hubungan Arya Wedakarna dan Keluarga Sukarno Punya Ikatan Sejarah yang Kuat

Loading

DENPASAR (Independensi)- Hubungan batin antara Tokoh Sukarnois Bali Arya Wedakarna dan Putri Presiden Pertama sekaligus Proklamator kemerdekaan Republik Indonesia Sukarno, Sukmawati Sukarnoputri bukanlah hubungan politik belaka.

Hubungan kedua tokoh itu, sudah menjadi hubungan kerabat. Demikian diungkapkan akun Instagram (IG) Shri Gusti Arya Wedakarna III, baru-baru ini.

“Kedekatan Keluarga Bung Karno dengan Keluarga Shri Wedastera Suyasa (ayah Arya Wedakarna) sudah terjalin sejak zaman kejayaan Bung Karno 1955-1965,” ungkap admin akun IG tersebut

Termasuk, lanjutnya, kesetiaan Keluarga Arya Wedakarna pada Ideologi Bung Karno dizaman Orde Baru (Orba) 1967-1998.

Disaat tokoh Bali lainnya mencari selamat di zaman Orba, tapi Shri Wedastera Suyasa tetap dikenal sebagai tokoh politik PNI yang setia pada ideologi.

Dan hukum karma itu terbukti saat Soeharto tumbang oleh gerakan reformasi pada 1998. Sejak 1999 kaum Sukarnois berjaya kembali, terutama di zaman Pemerintahan Presiden Jokowi.

“Di Bali banyak pejabat / ketua parpol yang dekat dengan keluarga Bung Karno tapi hanya sebatas ‘urusan politik’,  hubungan mereka akan selesai saat mereka turun jabatan. Tapi hubungan keluarga Shri Wedastera Suyasa dengan Sukmawati Sukarno ada di frekuensi yang berbeda. Ini penting dirawat agar Nasionalisme bertahan,” pungkas admin IG tersebut. (Hiski Darmayana)