Komang Koheri Ajak Umat Buddha ‘Pupuk’ Cinta Untuk Bangun Moderasi Beragama

Loading

LAMPUNG TIMUR (Independensi)- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi VIII Fraksi PDI Perjuangan I Komang Koheri, S.E menghadiri undangan kegiatan Perayaan Waisak Bersama se-Lampung Timur 2566 TB/2022. Tema yang diambil dalam perayaan Waisak tahun ini adalah “Dalam Cinta Kasih Semua Bersaudara.” Kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur, hari Minggu (12 Juni 2022).

Turut hadir dalam perayaan Waisak ini antara lain Bupati Lampung Timur, Dirjen Agama Buddha Kementerian Agama, Bimas Buddha, FKUB, Majelis Budhayana Indonesia, Camat Marga Sekampung, Kepala Desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Komang Koheri dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap elemen bangsa dan umat beragama memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam membangun bangsa Indonesia.

“Bangsa kita akan dapat maju jika persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjalin dengan kuat. Sesuai dengan tema bahwa memang cinta kasih adalah lem perekat yang menyatukan semuanya dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Komang.

Politisi PDI Perjuangan itu mengajak semua umat Buddha yang ada di Lampung Timur untuk terus memupuk cinta kasih di dalam hati agar cinta kasih ini dapat menjadi bahan bakar dalam membangun moderasi beragama.

” Saat setiap orang bisa menguatkan kasih di dalam hati maka rasa persaudaraan akan tumbuh di dalam pikiran kita,” ujar Komang.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pelepasan burung ke udara sebagai simbol tujuan dari kehidupan beragama yaitu untuk mencapai kebebasan dari belenggu ikatan duniawi ini. Burung-burung yang dilepas bisa merdeka dan bebas dari kungkungan di dalam sangkar dan menikmati kebahagiaannya.

Para Bhikkhu dan tokoh umat Buddha menyampaikan terima kasih kepada Komang Koheri yang selalu hadir bersama masyarakat di Lampung Timur untuk bersama-sama membangun kesejahteraan masyarakat melalui program-program pemerintah pusat hingga ke daerah. Doa dilantunkan oleh para Bhikku agar bangsa Indonesia selalu jaya dan maju agar dapat mensejahterakan seluruh masyarakat serta membawa kedamaian bagi semua makhluk. (Hiski Darmayana)