Ilustrasi. (Dok/Ist)

Para Badminton Segera Digelar

JAKARTA (Independensi.com) – Sebanyak 71 atlet dari 11 negara turut bertanding pada turnamen bulutangkis bertajuk FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 di GOR Among Rogo, Yogyakarta pada 23-28 Agustus mendatang. Turnamen bulutangkis disabilitas berlevel internasional ini akan menampilkan pemain dari Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, Azerbaijan, Peru, India, Polandia, Sri Lanka dan tuan rumah Indonesia. Ajang ini kembali digelar setelah terakhir dihelat pada medio 2016 lalu.

“Semuanya persiapan sudah siap. Tinggal menunggu pelaksanaan bergulir juga. Kami banyak belajar dari penyelenggaraan pertandingan para-badminton di ASEAN Para Games 2022 di Solo,” ujar Wakil Ketua Panitia Pelaksana Lius Pongoh seperti dikutip dari Antara, Kamis (11/8/2022). Dalam kesempatan yang sama, Yoppy Rosimin selaku Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation mengatakan, turnamen tersebut menjadi langkah untuk mengangkat citra dan kebanggaan atlet para-bulutangkis di tingkat dunia. “Para-badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak mendulang prestasi di berbagai kejuaraan internasional. Kami juga ingin membuat mereka memiliki kebanggaan sebagai atlet yang mengharumkan nama bangsa, khususnya melalui turnamen berkualitas seperti Indonesia Para Badminton International 2022,” ujar Yoppy.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto mengatakan, ajang ini sangat dinantikan atlet-atlet Indonesia, mengingat kali terakhir turnamen para-bulutangkis level internasional bergulir di Tanah Air pada 2016 di Solo, Jawa Tengah. Dia juga memberikan apresiasi kepada FOX’S dan Bakti Olahraga Djarum Foundation yang menghadirkan kembali turnamen para-badminton level dunia ke Tanah Air. Pasalnya, tidak banyak perusahaan khususnya di sektor swasta yang turut terlibat dalam penyelenggaraan kejuaraan olahraga disabilitas.

“Harus diakui, tidak banyak perusahaan yang mau menjadi sponsor kejuaraan olahraga disabilitas. Hal Ini yang membuat kejuaraan internasional para-badminton sempat terhenti selama enam tahun,” kata Rima. “Untuk itu, kami mengapresiasi kesediaan FOX’S dan juga Bakti Olahraga Djarum Foundation yang berkenan ambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas atlet-atlet disabilitas melalui penyelenggaraan turnamen ini,” imbuhnya.

Indonesia Para Badminton International 2022, lanjut Rima, akan menjadi pembuktian bagi skuad para-bulutangkis di Indonesia usai menyabet berbagai gelar internasional dan juga keluar sebagai juara umum pada ASEAN Para Games 2022. “Target kami di Yogyakarta nanti adalah juara umum, sama seperti target di APG 2022 kemarin. Untuk itu, sejumlah atlet yang berhasil mendulang prestasi akan kami sertakan demi mengamankan perolehan juara nanti,” ujar Rima.

Sedangkan Group Brand Head PT Savoria Kreasi Rasa, Vanessa Ingrid Pamela mengatakan, penyelenggaraan Indonesia Para Badminton International 2022 diharapkan menjadi ajang bagi atlet para-badminton dalam mengasah kemampuan dan potensi diri demi mendulang prestasi. “Melalui kejuaraan ini, kami merasa bangga bisa menjadi bagian dalam pengembangan potensi dan prestasi atlet yang merupakan pahlawan sejati di cabang olahraga. Dalam turnamen ini kami mengusung tema #SparkleYourEnergy dengan harapan para atlet mampu menunjukkan kilau prestasinya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.