Legislator Partai Demokrat Minta Pemerintah Lakukan Penghematan

JAKARTA (IndependensI.com) – Kenaikan BBM pasti akan berdampak langsung kepada rakyat, seperti menaikan barang dan jasa, dan pada akhirnya menurunkan daya beli masyarakat. Termasuk nelayan, petani, pekebun, usaha kecil dan mikro, petambak, dan kita semua akan terdampak.

Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mengatakan Pemerintah harus arif dan bijaksana dalam menghadapi pilihan ini, sampai benar-benar rakyat siap dan mampu menghadapinya.

Menurut Herman Khaeron, saat ini rakyat sedang tidak baik-baik saja, harga-harga sudah naik, dan akan semakin melambung tinggi dengan BBM dinaikan ini.

Pemerintah bisa melakukan penghematan belanja kementrian dan lembaga, menunda proyek-proyek yang belum dalam sekala mendesak, seperti menunda dulu pembangunan IKN, menunda penyelesaian jalan tol sumatera, dan menunda cost overrun kereta cepat.

“Prioritaskan dulu program-program yang dapat memulihkan daya beli masyarakat,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Tidak perlu juga dikotomikan manfaat subsidi BBM antara masyarakat mampu dan tidak mampu.

“Subsidi BBM itu memiliki efek berantai karena menyangkut hajat hidup masyarakat banyak, sehingga dampaknya pada semua sendi-sendi kehidupan masyarakat,” pungkas legislator asal dapil Indramayu, Cirebon Raya ini. (Chs).