Suasana jumpa pers jelang turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022 di Yogyakarta, Senin (19/9/2022). Turnamen ini yang diikuti 11 negara berlangsung 20-25 September di GOR Among Rogo, Yogyakarta. (Humas PBSI)

Syabda dan Komang Ingin Maksimal

YOGYAKARTA (Independensi.com) – Dua pebulutangkis muda andalan Indonesia, Syabda Perkasa Belawa (tunggal putra) dan Komang Ayu Cahya Dewi (tunggal putri) bersiap untuk menghadapi turnamen bulutangkis Kapal Api Indonesia International Series 2022. Turnamen ini digelar mulai Selasa (20/9) hingga Minggu (25/9) mendatang di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Syabda Perkasa Belawa (PBSI)

Baik Syabda maupun Komang sama-sama membidik poin maksimal di ajang ini. “Dari segi persiapan saya merasa sudah bagus, ada waktu panjang sekitar dua bulan untuk bersiap ke turnamen ini,” ucap Syabda seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI, Senin (19/9/2022).

“Pastinya ingin juara di sini, ingin poin maksimal karena fokus utama saya di sisa tahun ini adalah memperbaiki posisi di ranking dunia. Targetnya menembus 100 besar dunia,” lanjut Syabda yang saat ini menduduki peringkat 244.

Lebih lanjut, Syabda meyakini persaingan ketat akan terjadi di sektor tunggal putra turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022 ini. Selain dengan sesama rekan di pelatnas, lawan berat juga akan didapatkan dari beberapa pemain non-pelatnas yang ikut bertanding.

“Semua pemain mempunyai kans yang sama dan persaingan akan berlangsung ketat. Lawan yang berat bukan hanya dari rekan sesama pelatnas yang sudah saling mengetahui cela permainan masing-masing, kekurangan dan kelebihan masing-masing tapi juga dari beberapa senior yang sudah tidak di pelatnas seperti Panji (Ahmad Maulana) dan Krishna (Adi Nugraha),” ungkap Syabda.

“Dari Chinese Taipei dan beberapa negara lain juga bagus-bagus. Jadi memang semua harus diwaspadai dan harus siap di lapangannya,” kata Syabda.

Komang Ayu Cahya Dewi (PBSI)

Setali tiga uang dengan Syabda, Komang juga mengatakan persaingan sengit akan terjadi di sektor tunggal putri apalagi dengan sesama pemain Indonesia.

“Melihat kekuatan di tunggal putri, menurut saya, kompetitor terkuat bisa dari negara sendiri. Dan saya harus mewaspadai itu,” ucap Komang yang di ajang ini menempati unggulan pertama.

“Tekanan menjadi unggulan pertama pasti ada karena digadang-gadang harus maksimal, harus juara, tapi saya coba menjadikan itu motivasi saja,” tutur Komang.

Turun di turnamen berlevel International Series, Komang memiliki modal yang bagus. Karena di tahun 2022 ini sebenarnya ia sudah dipercaya tampil di beberapa turnamen yang levelnya jauh lebih tinggi seperti Kejuaraan Asia 2022, Piala Uber 2022 hingga Chinese Taipei Open yang punya level Super 300.

“Secara rangking memang seharusnya saya masih bermain di level ini (International Series dan International Challenge) tapi tahun ini kebetulan punya kesempatan bermain di turnamen dengan level yang lebih tinggi jadi itu saya jadikan pengalaman terbaik,” ujar Komang yang saat ini berperingkat 100 dunia.

“Saya ingin bermain maksimal, menikmati setiap pertandingannya. Semoga target menembus peringkat 70 dunia di akhir tahun nanti bisa tercapai,” harap Komang.

Indonesia International Series 2022 dimulai Selasa (20/9/2022) mulai pukul 13.00 WIB. Memainkan babak 64 besar tunggal putra dan ganda putra juga babak 32 besar tunggal putri. Syabda akan menghadapi Teh Jin Hong dari Malaysia, sementara Komang mendapat bye dan otomatis lolos ke babak 16 besar.

Persiapan Lokasi Pertandingan

Sementara itu Gelanggang Olah Raga (GOR) Among Rogo sebagai tempat yang dipilih menggelar pertandingan tersebut juga terus dipercantik dan dipersiapkan serta sudah mencapai 95%.

Armand Darmadji (PBSI)

“Turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022 siap dilaksanakan. GOR Among Rogo sejak Kamis (15/9/2022) lalu sudah dilakukan persiapan dan penyesuaian dengan progres mencapai 95% hingga saat ini,” ujar Armand Darmadji selaku Ketua Panitia Pelaksana.

“Peserta Kapal Api Indonesia International Series 2022 berasal dari 11 negara yang hadir. Yaitu tuan rumah Indonesia, Australia, Austria, Estonia, Iran, Jepang, Malaysia, Thailand, Singapura, Chinese Taipei, dan Amerika Serikat. Totalnya mencapai 214 atlet,” lanjutnya.

Armand menambahkan untuk menambah kenyamanan dan keseruan menonton laga-laga seru secara langsung, panitia juga sudah menyiapkan tenant-tenant makanan, minuman dan produk sponsor di area GOR Among Rogo.

“Sebagai bentuk sportainment yang selalu menjadi tema setiap kejuaraan kita, maka panitia juga sudah menyiapkan tenant-tenant makanan, minuman hingga produk-produk sponsor di area GOR Among Rogo,” jelas Armand. “Jadi bagi para penonton yang hadir langsung, tidak hanya bisa menikmati sajian laga-laga bulutangkis di dalam lapangan tapi mereka juga bisa sejenak bersantai di luar,” tambahnya.

Sebagai informasi, masyarakat yang ingin menonton langsung pertandingan Kapal Api Indonesia International Series 202, hanya perlu membeli minimal satu produk Kapal Api yang ada di booth Kapal Api Group di area GOR Among Rogo.

Lebih lanjut, Armand berharap Kapal Api Indonesia International Series 2022 dapat berjalan lancar dan sukses dari sisi penyelenggaraan maupun prestasi.

“Semoga penyelenggaraan Kapal Api Indonesia International Series 2022 dapat berjalan lancar dan sukses dari awal hingga akhir. Dan semoga secara prestasi, pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia mampu meraih gelar sebanyak-banyaknya,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.