Suasana pertandingan basket Honda DBL with KFC. (Ist)

Basket DBL Kembali Bergulir

JAKARTA (Independensi.com) – Liga basket antar pelajar terbesar di Tanah Air Honda Developmental Basketball League (DBL) with KFC kembali bergulir. Dibuka di kota kelahirannya, Surabaya, Jawa Timur pada 18 Agustus lalu, kompetisi ini akan terus bergulir mengunjungi kota-kota lain se-Indonesia. Secara total, kompetisi ini akan diadakan di 30 kota dari 22 provinsi, termasuk Aceh, Papua, dan diakhiri di Kota Kupang (Seri Nusa Tenggara Timur) pada Maret 2023 mendatang.

Di musim 2022-2023 ini, Honda DBL with KFC berencana untuk menggelar lebih dari 1.000 laga yang melibatkan puluhan ribu student-athlete se-Indonesia yang mewakili lebih dari 1.000 sekolah tingkat SMA/sederajat. Melanjutkan inovasi tahun-tahun sebelumnya, seluruh pertandingan musim ini akan ditayangkan secara livestreaming melalui aplikasi DBL Play. Jumlah pertandingan yang ditayangkan secara langsung menjadikan Honda DBL with KFC sebagai liga olahraga dengan jumlah tayangan langsung terbanyak, melebihi liga profesional manapun di Indonesia.

Penandatanganan kerja sama antara DBL Indonesia dengan TikTok yang telah dilakukan pada Kamis (6/10/2022), menjadikan musim 2022-2023 sebagai turnamen olahraga di Indonesia yang pertama kali melakukan livestreaming pertandingan dalam format vertikal melalui akun resmi TikTok @dblindo.

Uji coba penayangan dengan format vertikal di TikTok untuk kali pertama dilakukan pada tanggal 10 Oktober lalu di pertandingan yang mempertemukan tim putra SMAN 3 Sidoarjo versus SMA Petra 5 Surabaya. Tanggapan dari para followers @dblindo di TikTok sangat antusias menyambut format tayangan baru ini. Bahkan, pertandingan tim putri SMA Gloria 1 Surabaya melawan SMAN 16 Surabaya yang berlangsung pada 16 September lalu meraih jumlah penonton tertinggi yakni sebanyak 136.600 penonton kendati masih dalam tahap uji coba.

Total, uji coba livestreaming format vertikal melalui TikTok ini telah dilakukan di enam laga. Selain livestreaming format vertikal, serangkaian uji coba penayangan di beberapa laga Honda DBL with KFC secara live di TikTok juga dilakukan dengan format horizontal (yang di-relay dari akun media sosial dan aplikasi DBL). Hasilnya sungguh luar biasa, uji coba penayangan di TikTok ini disaksikan sebanyak 1.649.900 penonton!

”Kami sangat antusias menyambut kerja sama dengan TikTok ini. Selain menjadi pelopor sebagai liga pertama di Indonesia yang menayangkan pertandingan basket melalui media livestreaming dalam format vertikal, penayangan pertandingan Honda DBL with KFC di TikTok juga memberi kesempatan bagi kami untuk menjangkau semakin banyak penonton muda di Indonesia, terutama di luar sekolah peserta yang terlibat,” terang Masany Audri, Direktur DBL Indonesia melalui keterangan tertulis, Selasa (10/10/2022).

Lebih lanjut, Masany menjelaskan, setiap0 tahunnya liga basket pelajar terbesar di tanah air ini melibatkan jutaan anak muda di Indonesia sebagai partisipan aktif maupun sebagai penonton yang hadir langsung memberi dukungan pada masing-masing venue di 30 kota dari 22 provinsi penyelenggaraan. Musim lalu, lebih dari 600 laga ditayangkan secara daring karena kebijakan pemerintah tidak memperkenankan kehadiran penonton di venue akibat pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya terkendali. Melalui platform digital, seluruh pertandingan DBL musim lalu telah disaksikan lebih dari 7 juta penonton.

”Kami berharap, kerja sama dengan TikTok ini akan memberi alternatif bagi lebih banyak anak muda untuk terlibat dengan Honda DBL with KFC. Apalagi, TikTok adalah platform yang sangat tepat dan sangat dekat sekali dengan audience kami,” tutup Masany.

Live dengan format vertikal ini akan dimulai pada hari Selasa (11/10). Menyajikan empat laga seru Honda DBL with KFC 2022 DKI Jakarta Series – South Region yang telah memasuki babak semifinal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *