Menhub Budi Karya Semangati Perempuan Pengidap Kanker Payudara

Menhub Budi Karya Semangati Perempuan Pengidap Kanker Payudara

Loading

JAKARTA (INDEPENDENSI.COM)- Kanker payudara merupakan momok menakutkan bagi kaum hawa. Pasalnya, hal tersebut sebagai salah satu penyakit yang mengakibatkan kematian.

Kanker payudara juga menjadi penyakit yang paling banyak diderita perempuan di seluruh dunia. Jumlah kasus penyakit tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjadi momok yang menakutkan.

Bagi pengidap kanker payudara, selain melakukan pengobatan secara medis, dukungan moril dari lingkungan sekitar, seperti keluarga, teman, kerabat sangatlah penting.

Sebab biasanya pengidap kanker payudara akan mengalami berbagai aspek, mulai dari kondisi fisik, emosional, sosial, keseharian, hingga aspek keuangan yang dihadapi pasien dan itu terkadang sulit ditanggung sendiri.

Untuk itu, menteri perhubungan (Menhub) Budi karya Sumadi tergerak ikut memberikannya dukungan moril.

“Semoga apa yang kita lakukan, turut berkontribusi dalam memberikan dukungan moril kepada pasien kanker payudara serta berdampak pada penurunan angka pasien kanker payudara stadium Ianjut di Indonesia,” kata Menhub Budi dalam keterangan resminya, Kamis (13/10/2022).

“Guna meringankan beban biaya bagi kalangan yang kurang mampu, malam (12/10), saya bersama rekan-rekan turut serta dalam acara Guitar Auction For Charity,” tambahnya.

Menurut dia, kesehatan adalah faktor penting dalam merawat keberlanjutan Indonesia, khususnya para kaum perempuan. “Pasalnya, dari para perempuan lah terbentuk jati diri generasi penerus Indonesia masa depan,” tegas Budi.

Dalam acara ini Dewa Budjana melelang salah satu gitarnya yang hasilnya akan didonasikan untuk penderita kanker payudara. Pengumpulan dana ini sebesar Rp3,64 miliar yang nantinya digunakan untuk membiayai deteksi dini para wanita yang memiliki keterbatasan akses untuk USG.

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi hadir di antaranya bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Komisaris Utama InJourney Triawan Munaf.

Menhub Budi juga menyampaikan apresiasi atas inisiatif gitaris dan pencipta lagu, Dewa Budjana mendukung gerakan LovePink melalui lelang sejumlah koleksi gitar miliknya untuk mendanai kegiatan USG payudara gratis di Indonesia.

“Salut untuk Dewa Budjana, untuk LovePink, dan rekan Elek Yo Band untuk kegiatan yang baik ini,” tambahnya.

Sementara itu, Dewa Budjana mengatakan, melalui hasil yang diperoleh dari lelang gitarnya, diharapkan mampu membantu perawatan perempuan pengidap kanker payudara sehingga mengurangi risiko kematian.

“Akhirnya keinginan meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia dapat diwujudkan lebih baik lagi sebab mereka adalah kaum yang akan melahirkan anak-anak generasi penerus Indonesia,” ucap Dewa Budjana.

Menurut dia, perempuan Indonesia yang memiliki kualitas kesehatan baik dan aman dari kanker payudara, maka akan menciptakan generasi-generasi berdaya saing unggul pula untuk kemajuan masa depan Indonesia.

“Dari hasil lelang gitar saya, maka akan didonasikan untuk penanganan kanker payudara. Saya berharap upaya ini dapat turut membantu penanganan dan pencegahan penyakit ini,” jelas Dewa Budjana.

Pada kesempatan yang sama, Co Founder LovePink Madelina Mutia menyampaikan terima kasih atas dukungan sejumlah menteri kabinet yang tergabung dalam Elek Yo Band dan juga musisi Dewa Budjana dalam kegiatan sosial tersebut.

Ia menjelaskan, LovePink merupakan gerakan sosial di bawah Yayasan Daya Dara Indonesia yang menggiatkan sosialisasi deteksi dini untuk Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut.

Ia mengatakan, hasil lelang gitar milik Dewa Budjana yang telah dilukis seniman Putu Sutawijaya, Eko Nugroho, dan Sekar Jatiningrum rencananya akang digunakan untuk membiayai program 10.000 USG payudara gratis di seluruh Indonesia.

Adapun hasil lelang gitar Dewa Budjana tersebut mencapai sebanyak Rp 3,64 miliar dan akan digunakan membiayai deteksi dini payudara para perempuan yang punya keterbatasan akses terhadap akses USG.