Bantu UMKM Mamin DPM-PTSP Gresik Terbitkan Sertifikat Halal

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), Kabupaten Gresik, Jawa Timur, bekerjasama dengan berbagai pihak membuka program pelayanan penerbitan sertifikat halal.

Layanan yang diperuntukan bagi para pelaku usaha makanan dan minuman (Mamin), khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) itu bisa diakses di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemerintah Kabupaten Gresik.

Kepala DPM PTSP Gresik AM Reza Pahlevi mengatakan, program layanan penerbitan sertifikat halal di Kabupaten Gresik mulai berjalan sejak awal tahun 2023.

“Kami baru launching program layanan penerbitan sertifikat halal, bagi pelaku usaha mamin tahun ini. Sesuai dengan target Badan Penyelanggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), yang mewajibkan produk makanan dan minuman memiliki bersertifikat halal pada tahun 2024,” ujarnya, Rabu (18/1).

“Pelayanan penerbitan sertifikat halal, bagi pelaku usaha mamin khusus UMKM di Gresik menjadi yang pertama di Jawa Timur,” tuturnya.

Dengan adanya lanyanan penerbitan sertifikat halal ini lanjut Reza, tentu akan semakin membuat pelaku UMKM mamin tidak kesulitan untuk memastikan produknya layak konsumsi.

“Secara nasional program ini, ditarget bisa menyasar 1 juta pelaku UMKM khusus mamin,” tandasnya. (Mor)