Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. (Humas PBSI)

Fajar/Rian Kalahkan “Prayer”

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melangkah ke babak 16 besar turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2023. Ganda nomor satu dunia ini berhasil mengalahkan rekan satu negaranya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan 18-21, 21-14, 21-10 dalam durasi 48 menit di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Pada laga ini, juara bertahan Indonesia Masters itu sejatinya terlihat kewalahan meladeni Pram/Yeremia. Kemenangan ini disambut syukur oleh kedua pasangan mengingat mereka berjuang tidak kenal lelah untuk meraih tiket babak 16 besar turnamen berhadiah total 420 ribu dolar AS ini.

“Bersyukur bisa meraih kemenangan di laga ini tanpa mengalami cedera. Hari ini kami bermain baik. Sayang di gim pertama kami memulai dengan kurang apik,” kata Rian seperti dikutip dari rilis Humas PBSI. “Beberapa kali serangan yang kami bangun terlihat bisa diantisipasi. Kami bersyukur bisa mengembalikan kedudukan dan tidak menyerah begitu saja,” ungkap Rian.

Sayang laga ini diluar ekspektasi publik mengingat pertandingan tidak berlangsung dalam tempo tinggi. Tempo permainan sedikit mengendur seusai Yeremia mengalami sedikit masalah di bagian kaki kanannya. Yere diketahui sudah merasakan sakit sejak gim kedua, sehingga hal tersebut coba dimanfaatkan oleh pasangan Fajar/Rian. Terbukti, pasangan berakronim Fajri itu bisa bangkit dan keluar sebagai pemenang serta lolos ke babak 16 besar turnamen BWF World Tour Super 500 tersebut.

Dengan hasil ini, Fajar/Rian lolos ke babak 16 besar Daihatsu Indonesia Masters 2023. Unggulan pertama itu akan bersua pemenang laga antara Chrito Popov/Toma Junior Popov (Prancis) vs Chang Ko-Chi/Po Li-Wei (Chinese Taipei) di babak kedua turnamen. Kemenangan ini membuat peraih medali perak Asian Games 2018 itu mencatat dua kemenangan beruntun atas Pram/Yere yang saat ini berada di rangking 20 dunia itu. Terakhir di ajang Indonesia Masters 2022 pada babak 16 besar, Fajar/Rian meraih kemenangan atas jawara Kejuaraan Asia 2022 tersebut dengan skor 16-21, 21-17, 21-13.

Bermain Sabar

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin melangkah ke babak 16 besar turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2023. Sukses itu mereka raih usai mengalahkan wakil Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol 21-11, 21-16.

Pada laga pembuka di turnamen BWF World Tour Super 500 ini, Leo/Daniel mengaku bermain lebih sabar untuk bisa mematikan serangan lawan. Terlihat lawan kewalahan saat peraih medali emas SEA Games 2021 itu bermain sabar. “Kami mencoba bermain secara maksimal di laga ini. Kami berusaha menunjukkan bahwa kami bisa mencari poin satu demi satu,” ungkap Daniel.

Dengan kemenangan ini, juara Singapore Open 2022 itu di babak 16 besar akan berhadapan dengan sesama wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan berjulukan The Daddies itu lolos ke babak kedua turnamen berhadiah total 420 ribu dolar AS ini seusai mengalahkan Akira Koga/Taichi Saito (Jepang) dengan skor 17-21, 21-19, 21-10.

Menghadapi runner up Kejuaraan Dunia 2022 itu, Leo/Daniel mengaku tidak gentar. Mereka akan mencoba bermain secara kompak di atas lapangan. “Kami harus saling support di lapangan, kami mewaspadai Ahsan/Hendra dari segala sisi. Untuk itu saya harus bisa fokus di dalam lapangan,” ungkap Daniel.

Melihat rekor pertemuan, Leo/Daniel memang tercatat meraih tiga kali kemenangan. Pada pertemuan terakhir di babak semifinal Singapore Open 2022, Leo/Daniel meraih kemenangan ketiganya secara beruntun atas Ahsan/Hendra lewat pertarungan rubber game 9-21, 21-18, 22-20.