Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (kiri) dan Pramudya Kusumawardana. (Humas PBSI)

Bulutangkis Indonesia Boyong Lima Medali Emas

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Para pebulutangkis Indonesia meraih lima medali emas pada pertandingan di SEA Games Kamboja 2023, Selasa (16/5/2023). Bulutangkis Indonesia menyumbangkan lima emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Lima emas masing-masing diraih oleh beregu putra, ganda campuran Rehan/Lisa, ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma, tunggal putra Christian Adinata, dan ganda putra Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana.

Sementara, perak diraih oleh ganda putri Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose dan tunggal putra Chico Aura. Selain itu, perunggu diraih oleh tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, serta ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Kemenangan Yere/Pram menjadi emas pamungkas yang melengkapi raihan medali tertinggi untuk tim bulu tangkis Indonesia di SEA Games ke-32 tersebut. Pasangan ganda putra Indonesia menang atas pasangan ganda putra Thailand Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul melalui dua set langsung 21-17 dan 21-19. “Ini meningkatkan kepercayaan diri kami yang sempat ada pikiran-pikiran negatif pasca comeback. Semoga ini memotivasi kami untuk menjadi lebih baik lagi,” kata Pramudya seperti dikutip dari Antara.

Salah satu kabar mengecewakan adalah kegagalan tim basket putra Indonesia mempertahankan medali emas SEA Games, setelah dikalahkan Filipina pada babak semifinal. Timnas Basket Putra Indonesia yang pada SEA Games Vietnam 2021 mendapatkan emas, kini hanya berharap untuk setidaknya membawa pulang medali perunggu dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga melawan Thailand.

Namun kegagalan tim basket putra ini setidaknya bisa terhibur dengan kesuksesan tim basket putri yang sehari sebelum memastikan medali emas SEA Games yang pertama kalinya.

Cabang angkat besi meneruskan tradisi sebagai lumbung medali emas bagi Indoneia di SEA Games. Pada pertandingan Senin (15/5/2023), lifter-lifter Indonesia menambah dua medali emas yakni melalui Tsabitha Alfiah Ramadani yang berhasil menjadi yang terbaik di kelas 64kg putri, dan Rahmat Erwin Abdullah yang tampil sempurna di kelas 81kg putra. Dengan hasil itu, cabang angkat besi sudah berkontribusi lima medali emas di SEA Games 2023.

Medali emas juga diraih Indonesia melalui cabang olahraga sepak takraw nomor double putra setelah menundukkan Malaysia dalami final yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh. Tim Sepak Takraw Indonesia yang bermaterikan trio Muhamad Hardiansyah Muliang, Saiful Rizal, dan Rusdi unggul rubber game atas Malaysia dengan skor 14-21, 21-16, dan 21-13.

Kemenangan di nomor double putra juga sekaligus mengulangi hasil yang dicapai dari nomor yang sama di SEA Games Manila (2019) dan SEA Games Hanoi (2021). Itu merupakan emas kedua yang disumbangkan tim Sepak Takraw untuk kontingen Indonesia setelah sebelumnya di nomor Men’s Double Team, kuartet Andi Try Sandi Saputra, Saiful Rijal, Jelki Ladada, dan Rusdi tampil sebagai yang terbaik dengan mengalahkan Myanmar di laga final.

Di arena taekwondo, Megawati Tamesti Maheswari menjadi penyelamat Indonesia setelah menjadi satu-satunya yang berhasil membawa pulang medali emas SEA Games XXXII/2023 Kamboja dari cabang olahraga beladiri ini. Pada babak final Megawati berhasil memenangi laga final melawan atlet Thailand Chutikan Jongkoltattanawattana dengan skor 2-1.

Di cabang gulat, Indonesia pada partandingan Senin berhasil merebut medali emas melalui Mutiara Ayuningtyas di kelas 53kg putri. Keberhasilan Mutiara tersebut gagal diikuti empat pegulat putri Indonesia lainnya yang kalah dalam laga final dan semifinal.