Sah, Projo Jabar Usulkan Prabowo Sebagai Calon Presiden

Loading

Bandung- Relawan Pro Joko Widodo (Projo) wilayah Jawa Barat sepakat mengusulkan pasangan Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto sebagai bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024. Keputusan ini disepakati dalam Konferensi Daerah (Konferda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Projo Jawa Barat di Bandung, baru-baru ini.

Ketua DPD Projo Jabar Djoni Suherman mengaku Prabowo-Airlangga didukung mayoritas suara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Projo seluruh Jawa Barat. Ia mengatakan ada 16 DPC yang turut mengikuti Konferda Projo tersebut.

“Kita ada 16 DPC yang hadir, sembilan ke Prabowo-Airlangga, empat ke Ganjar-Prabowo, terus Prabowo sendiri yang tidak ada cawapresnya itu ada satu dan Prabowo-Ganjar sama Erick Thohir satu. Jadi di kita cukup dinamis, semua ada dan akhirnya yang terbanyak adalah Prabowo-Airlangga,” tutur Djoni dalam keterangan tertulis, Minggu (9/7/2023).

Ia menambahkan sebelum dipilihnya sosok Ketua Umum Gerindra dan Ketua Umum Partai Golkar sebagai bakal capres-cawapres, terjadi perdebatan yang alot antarpara relawan Projo. Namun, mayoritas DPC Projo seluruh Jawa Barat akhirnya menyepakati pasangan calon Prabowo-Airlangga untuk diusulkan di forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Projo di Jakarta.

Menurut Djoni, pasangan calon Prabowo-Airlangga ini mengingatkan pada duet pasangan founding fathers Indonesia, yakni Soekarno-Mohammad Hatta.

“Kita melihat kalau Prabowo-Airlangga itu ibarat Soekarno sama Hatta, satu bidang ekonomi dan kalau kita lihat Airlangga, ini sudah teruji waktu kita menghadapi COVID-19 pun ekonomi kita cukup stabil dibandingin negara-negara lain. Karena dia seorang ekonom yah kita lihat track record beliau seperti itu,” tegas Djoni.

Sementara itu, Penasehat DPD Projo Jawa Barat Anton Charliyan menegaskan usulan nama pasangan calon Prabowo-Airlangga sudah menjadi keputusan relawan Projo di Jawa Barat. Anton mengakui nama Prabowo memang dominan dipilih relawan Projo untuk didukung sebagai bakal calon presiden 2024. Meskipun di sejumlah daerah, terang Anton, terdapat nama bakal cawapres yang berbeda.

“Selain nama Airlangga, nama potensial lain yang didukung untuk menjadi cawapres Prabowo adalah Ganjar Pranowo dan Erick Thohir,” jelas Anton.

“Saya kira daerah-daerah lain itu akan berbeda tetapi dilihat dari hasil rata-rata sama, ada yang Bapak Prabowo Subianto dengan Airlangga ada yang dengan pak Ganjar Pranowo juga ada juga yang dengan Erick Thohir,” katanya.

Sebelum diusulkan secara resmi oleh DPD Projo Jawa Barat, nama Prabowo-Airlangga juga diusulkan DPD Projo Wilayah Sumatra Barat. Ketua DPD Projo Sumatra Barat, Muhammad Husni Nahar menuturkan deklarasi Prabowo-Airlangga merupakan usulan dan hasil kesepakatan DPC Projo seluruh Sumatra Barat.