Pastikan Maintenance Berjalan Sesuai Standar Safety, VP HSSE Gelar MWT ke Kilang Balongan

Loading

INDRAMAYU (IndependensI.com) – Kilang Pertamina Balongan saat ini tengah melaksanakan pemeliharaan rutin pada bagian Naphta Processing Unit (NPU) dan Penex. Untuk memastikan proses maintenance pada dua unit tersebut berjalan aman sesuai standar prosedur HSSE (Health, Safety, Security, and Environment), Vice President HSSE PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Diandoro Arifian melakukan Management Walkthrough (MWT) ke Kilang Balongan.

Diandoro menegaskan, setiap pekerja yang terlibat pada kegiatan pemeliharan unit NPU dan Penex ini harus dipastikan memakai Alat Pelindung Diri (APD), melakukan toolbox meeting, dan mematuhi aspek HSSE Golden Rules agar setiap pekerjaan yang dilakukan benar-benar aman sehingga nihil kecelakaan kerja dan nihil pencemaran.

“Jangan pernah berhenti mengingatkan pentingnya mengutamakan keselamatan kerja, Safety is Priority”, Ungkap Mantan GM Pertamina RU VI Balongan tersebut.

Saat melaksanakan MWT di sekitar Kilang Balongan, Diandoro Arifian juga mengapresiasi langsung kontraktor yang prosedur HSSE-nya dijalankan dengan baik, namun pekerja yang terlihat bekerja kurang aman juga langsung diintervensi demi kebaikan bersama dan menghindari kecelakaan kerja.

Ditempat terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Mohamad Zulkifli mengatakan pekerjaan pemeliharaan atau Turn Around skala kecil pada unit NPU dan pekerjaan Change Out Absorbent di unit Penex ini merupakan pekerjaan pemeliharaan rutin yang diagendakan secara periodik.

“Pemeliharaan ini tentunya guna menjaga performa unit NPU yang ujungnya tentunya menunjang kehandalan Kilang RU VI secara keseluruhan agar produksi BBM tetap lancar,” terang Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, secara umum kondisi Kilang Balongan tetap beroperasi normal, sebab hanya unit NPU saja yang stop karena tengah dilakukan pemeliharaan, sehingga pasokan BBM untuk ibu kota dan sekitarnya tetap aman.

Kegiatan pekerjaan pemeliharaan unit NPU dan Penex di Kilang Pertamina RU VI Balongan durasi pelaksanaan mechanical days-nya selama 16 hari, yang dimulai pada 28 Juli 2023 lalu.

Naphta Processing Unit sendiri juga dikenal dengan Kilang Langit Biru Balongan (KLBB) yang dibangun pada tahun 2005, berfungsi mengolah dan meningkatkan nilai oktan dari naphta. ()