Rakernas DPP LPM RI di Pekanbaru, Dihadiri Pejabat dan Tokoh Nasional

Loading

JAKARTA (Independensi.com) –
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Republik Indonesia (LPM RI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pada 22 hingga 24 September 2023 di Hotel Grand Elite, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Bukan hanya Rakernas DPP, acara ini juga menjadi ajang temu kader sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) LPM RI ke-23.

“Sejumlah pejabat negara dan tokoh nasional seperti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Desa dan PDTT) Abdul Halim Iskandar, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, dan Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi dan mereka menjadi narasumber,” ujar Sekretaris Jenderal LPM RI Idham Dalimunte di Jakarta, Rabu (13/9).

Pejabat Pemerintah Provinsi Riau juga dijadwalkan hadir dalam Rakernas LPM RI seperti Gubernur Riau H. Syamsuar dan Wakil Gubernur H. Edy Natar Nasution, serta Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun.

Menurutnya, dalam Rakernas LPM RI akan dilaksanakan beberapa agenda. Pertama, Pidato Pembukaan dan Ucapan HUT ke-23 LPM RI oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Kedua, orasi yang mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat dan penguatan Eonomi Desa Melalui Koperasi dan UMKM” oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Ketiga, pemaparan materi bertema “Sinergitas Program Pemberdayaan Masyarakat melalui Pola Perencanaan, Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan” oleh Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar.

Keempat, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan pemaparan materi bertema “Pengamalan dan Penghayatan Pancasila sebagai Ideologi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Kelima, pemaparan materi dari Ketua Umum DPP LPM RI H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung yang mengangkat tema “Peran Kader dan Anggota LPM RI Mensukseskan Pemilu 2024, Aman dan Damai.

Sementara Ketua Panitia Rakernas LPM 2023 M. Basry Hamaya mengatakan bahwa Rakernas akan dihadiri oleh perwakilan LPM dari 34 provinsi di tanah air dan sekitar 7.000 massa akan hadir dalam Rakernas sekaligus temu kader dan peringatan HUT LPM RI ke-23.

Basri juga menyatakan dalam rangkaian Rakernas sekaligus temu kader dan peringatan HUT LPM RI ke-23 bakal digelar juga kegiatan gerak jalan santai sehat hingga expo yang memamerkan serta memasarkan berbagai produk dari beragam koperasi serta para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Basri berharap, event Rakernas DPP LPM RI ini dapat membangun sinergitas serta akselerasi terhadap kegiatan ekonomi, terutama di Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

“Kami meminta dukungan stake holder berbagai pihak, dari OPD (organisasi perangkat daerah), BUMD, BUMN, pemerintah daerah, hingga pemerintah pusat agar acara ini bisa terselenggara dengan baik,” pungkas Basri. (hpr)