Gus Falah Dukung Upaya Pertamina Kembangkan Ekosistem Hidrogen

Loading

Jakarta- Anggota Komisi VII DPR-RI Nasyirul Falah Amru mendukung upaya Pertamina mengembangkan ekosistem hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan di Indonesia, melalui sinergi dengan Toyota.

Tokoh yang akrab disapa Gus Falah itu mengatakan, penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar transportasi akan memperkuat ketahanan energi nasional.

“Nantinya khan masyarakat pengendara kendaraan bermotor tak hanya mengandalkan bahan bakar minyak (BBM) dan listrik, tetapi juga hidrogen sebagai alternatif bahan bakar. Jadi upaya Pertamina ini patut didukung,” ujar Gus Falah, Jumat (19/1/2024).

Politisi PDI Perjuangan itu melanjutkan, sinergi Pertamina dan Toyota itu bisa mendorong terbangunnya ekosistem energi bersih di Indonesia.

Hal itu, sambung Gus Falah, juga membuktikan Pertamina konsisten mewujudkan nol emisi karbon.

“Tahun lalu, Pertamina juga sudah bersinergi dengan para mitra strategis mengembangkan energi baru terbarukan melalui 9 MOU, jadi konsistensi Pertamina ini memang patut diapresiasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Pertamina melalui Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) melakukan groundbreaking hydrogen refueling station (HRS) di SPBU Daan Mogot, Jakarta.

Kolaborasi kedua entitas tersebut tertuang dalam joint development agreement tentang pengembangan ekosistem transportasi berbasis hidrogen yang dilakukan oleh Chief Executive Officer Pertamina NRE Dannif Danusaputro dan Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto.