Suasana jumpa pers turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 di Yogyakarta, Rabu (27/6/2024). (Humas PBSI)

Yogyakarta Dipilih Sebagai Tuan Rumah Ajang Badminton Internasional

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Turnamen bulutangkis bertajuk BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 kembali digelar di Yogyakarta pada 28 Juni-7 Juli 2024. Ajang prestisius badminton junior Asia ini berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Tercatat, Kota Pelajar dipilih sebagai tuan rumah Badminton Asia untuk kali kedua menyelenggarakan turnamen ini. Dari kota Yogyakarta banyak melahirkan pemain yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Diharapkan dengan banyaknya turnamen internasional di Kota Gudeg akan memacu munculnya bibit pebulutangkis potensial dari Yogyakarta dan sekitarnya.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024, Ibnu Hajar mengungkapkan bahwa Yogyakarta siap menggelar ajang akbar bulutangkis junior Asia yang total diikuti 293 atlet. Diharapkan dengan dukungan penuh masyarakat kota Pelajar, prestasi atlet Indonesia di nomor beregu campuran maupun perorangan bisa meraih gelar.

“Mohon doa restu dari masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya agar tahun ini Indonesia bisa meraih gelar juara. Dari kami panitia, ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 dipastikan sudah siap digelar,” ujar Ibnu seperti dikutip dari rilis Humas PBSI, Rabu (27/6/2024).

Ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 akan mempertandingkan nomor beregu campuran dengan format seperti Piala Sudirman yang diikuti 15 negara. Untuk nomor beregu campuran setiap tim menurunkan tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran. Adapun untuk nomor perorangan total 18 negara akan turut berpartisipasi.

Persaingan di turnamen ini juga akan berlangsung sengit dengan kehadiran China yang mengirimkan kekuatan terbesar dengan 30 atlet. Lalu, Thailand (29 atlet), Filipina (21), Malaysia (20), Jepang (20), Chinese Taipei (20), India (18), Korea Selatan (16), Singapura (12), Hong Kong China (12), Uni Emirat Arab (10), Vietnam (10), Macau China (9), Kazakhstan (5), Arab Saudi (4), Myanmar (2), dan Iran (1). Sementara tuan rumah menerjunkan 52 atlet terbaiknya.

Ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 mendapat dukungan penuh dari BNI sebagai sponsor utama. Tercatat beberapa sponsor lainnya yang mendukung penuh BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 ada Pertamina, MNC Media, Victor, Le Minerale, dan Kapal Api.

Area Head 2 BNI Wilayah 17, Widiarto punya harapan besar mendukung penyelenggaraan olahraga tepok bulu di kota Pelajar. Widiarto berharap pebulutangkis tuan rumah bisa meraih gelar juara dan penyelenggaraan turnamen sejak hari pertama sampai terakhir berjalan dengan lancar.

“Kami menaruh harapan tinggi yang tinggi terhadap keberhasilan terselenggara turnamen baik dari segi pencapaian prestasi, kelancaran acara dan kenyamanan serta keamanan serta seluruh pihak yang terlibat dalam kehidupan ini,” ungkap Widiarto.

Dari sisi atlet, beberapa pemain tuan rumah yang turun bertanding yakni Bismo Raya Oktora (tunggal putra), Mutiara Ayu Puspitasari, Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi (tunggal putri), Anselmus Breagit Fredy Prasetya dan Pulung Ramadhan (ganda putra) siap tempur baik di sektor beregu campuran maupun perorangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *