Miftaqul Putri Ayudis (Humas Jaya Raya)

Miftaqul Enggan Sesumbar, Ryan Belum Terbendung

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Tunggal putri Indonesia U-15 Miftaqul Putri Ayudis melaju ke perempat final turnamen Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 setelah mengalahkan rekan senegaranya, unggulan kelima Jolin Angelina dengan skor 21-11, 14-21, 21-16 di GOR PB Jaya Raya Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (12/7/2024).

Pebulutangkis binaan Jaya Raya ini harus mengeluarkan tenaga ekstra sejak gim pertama. Menurut Miftaqul, dirinya sempat dikalahkan dalam pertemuan sebelumnya dan berupaya membalikkan keadaan. “Saya pernah dikalahkan Jolin dan sudah melakukan evaluasi sebelum bertanding termasuk mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Walau sempat tertinggal dan tertekan tapi saya sudah berani berikan perlawanan. Saya juga berusaha memperbaiki kesalahan sendiri,” ujar Miftaqul usai berlaga.

Menyoal laga berikutnya, Miftaqul mengaku akan semakin ketat dan seru. Mengingat setiap pemain sudah melalui pertandingan yang berat untuk mencapai babak ini. Kehadiran pemain asing pastinya menambah keseruan jalannya pertandingan. Dia juga tak ingin lengah dan menargetkan lolos semifinal. “Saya harus lebih fokus dan menjaga stamina. Sebab semua pemain pasti mengalami kelelahan, jadi tidak mau pasang target tinggi. Tahun lalu kandas di semifinal lawan pemain Thailand,” imbuh pemain kelahiran Wonogiri, 29 Maret 2009 ini.

Untuk pertandingan selanjutnya, Miftaqul bakal menghadapi unggulan 15 tuan rumah, Christabel Purwanto yang secara mengejutkan menang atas unggulan dua Malaysia, Carine Tee 15-21, 21-17, 21-13. “Saya memang belum pernah bertemu, jadi saya berupaya untuk menguatkan defense,” ungkap Miftaqul.

Sedangkan satu-satunya pemain Jaya Raya di nomor tunggal putra U-15, Alvin Jefferson Kusuma mengaku lambat panas dan ditekan lawan di gim awal. Alvin menang atas unggulan delapan tuan rumah Muhammad Ilham Pratama Tuansyah 19-21, 21-9, 21-16.

“Set awal saya lambat panas, masih meraba permainan lawan dan berusaha memberikan berikan tekanan. Saya sudah bisa membaca permainan lawan karena pernah melihat penampilannya. Set akhir bisa keluar dari tekanan,” ungkap Alvin yang bakal melawan King Akbar Arrumi di perempatfinal. King sebelumnya tanpa menemui kendala menghentikan perlawanan unggulan teratas asal Malaysia, Muhamad Qalif 21-11, 21-7.

Sementara itu dari tunggal putra U-19 binaan Jaya Raya, Ryan Putra Widyanto belum terbendung dan melaju ke perempat final setelah menghentikan perlawanan pemain Korea, Park Geon Hu dalam pertandingan seru yang menguras stamina dengan skor 18-21, 21-18, 21-12. “Tadi ada sedikit tegang juga, karena baru pertama kali ketemu lawan tapi berusaha untuk tidak terburu-buru. Setelah beberapa pukulan yang panjang san bermain reli, lawan tampaknya mulai kelelahan dan membuat kesalahan sendiri,” kata Ryan.

Di laga berikutnya, Ryan melawan pemain Jepang unggulan sembilan, Kazuma Kawano yang sebelumnya menang mudah atas Eakanath Kitkawinro 21-8, 21-7. “Persiapan kali ini lebih baik, dan saya berharap bisa bermain maksimal dan memenangkan pertandingan,” ujarnya.

Dari pertandingan tunggal putri U-19, pebulutangkis andalan Jaya Raya, Thalita Ramadhani Wiryawan melaju ke perempatfinal setelah mengalahkan Lakshya Rajesh asal India dengan skor 21-9, 21-18. Selanjutnya, Thalita bakal menemui lawan unggulan pertama Thailand, Sarunrak Vitodsarn yang sebelumnya mengalahkan Mon In Seo dari Korea 21-12, 21-14.

Ganda campuran U-17, Je Ryco Bachtiar/Keyla Anissa Putri mendapat perlawanan sengit dari sesama pasangan Indonesia, Satya Arkana/Ketty Rudianto 25-23, 21-8. Di perempat final, duet binaan Jaya Raya ini harus menghadapi pasangann unggulan dua Thailand, Thithat Jintamuttha/Surada Vechpanich.

Ganda putra U-17 Jaya Raya, Muhammad Vito Anaffsa /Grendly Lumintang mengalahkan Casey Immanuel/M. Rizqi Nuurrahman 21-15, 21-13. Kemudian Revand Harianto/Akmal Nurahman menang atas ganda Thailand, Woranan Saengvanich/Lucas Wedler 21-6, 21-18.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *