Oleh: Bachrul Hakim
Rachmat Kartolo adalah penyanyi paling top di tanah air, dari tahun 1960-an sampai tahun 80-an. Dia jadi pujaan masyarakat dan jadi idola para remaja masa itu, dengan lagu-lagunya antara lain, Patah Hati, Pusara Cinta dan lain-lain.
Selain berprofesi sebagai penyanyi, Rachmat Kartolo juga sukses menekuni bidang-bidang seni lainnya, seperti seni peran dan seni perfileman. Hal ini wajar karena dia adalah keturunan langsung dari Roekiah-Kartolo, pasangan artis tonil (teater) dan perfileman terbesar di jamannya, semasa Indonesia belum Merdeka.
Selain dikenal sebagai artis yang serba bisa, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Rachmat Kartolo juga menggeluti seni “story teller” atau Petutur Cerita, yang dalam budaya Betawi disebut Tukang Cerité. Salah satu tokoh Tukang Cerité Betawi yang dulu pernah bekèn, adalah Bang Ja’it (lafal Betawi dari Zaid) atau yang bernama lengkap, Haji Akhmad Sofiyan bin Haji Muhammad Zaid.
Biasanya, kegiatan seorang Tukang Ceritè seperti Bang Ja’it ini, adalah diundang didalam acara perhelatan keluarga di sebuah kampung, atau disiarkan melalui siaran Radio dari sebuah stasiun Radio komersial.
Rachmat Kartolo memulai kegiatannya dalam kesenian Tutur Cerita Betawi ini setelah pamornya sebagai penyanyi mulai redup. Meski karirnya di bidang yang baru ini tidak sesukses seperti dulu, ketika ia menjadi penyanyi, namun banyak orang yang menyukai dan menggemarinya.
Di samping karena cerita-cerita 1001 malam ini, yang “dari sono” nyè, memang sudah menarik, ditambah lagi dengan gaya Rachmat Kartolo membawakan cerita-cerita tersebut, maka acara Tutur Cerita ini menjadi tambah banyak penggemarnya.
Di dalam acaranya tersebut, Rachmat Kartolo menyebut dirinya Bang Mamat. Tidak sedikit orang, termasuk saya, yang tidak menyangka kalau Bang Mamat ini fasih ngomong Betawi, tanpa harus meniru-niru atau mengkopi gaya artis Betawi yang lain, tanpa harus mengorbankan jati-dirinya yang sejati sebagai Bang Mamat alias Rachmat Kartolo. Salah satu contohnya adalah, kata-kata mobil dan motor, yang dilafalkan oleh Bang Mamat sebagai “mosbil” dan “mostor”. Contohnya: “Gimanè guè bisa beli mosbil? Nah, cicilan mostor guè ajè masih belon lunas?” Hal ini mengingatkan saya pada tetangga-tetangga saya di bilangan Bendungan Udik, Karet Semangi, dimana para Emak-Emak Betawi di sana melafalkan nama Presiden kita dengan Bapak Joskowi (alih-alih Bapak Jokowi).
Dibawah ini saya sampaikan salah satu Cerité Bang Mamat yang terbaik dan yang selalu saya ingat sampai sekarang. Judulnya: “Kudu Sopan Amè Mertuè, Jangan Nyebut Kuè Bolu!”, sebagai berikut:
Sesuai dengan rencana, acara Nyak Hindun hari ini adalah bertamu, sekalian nengokin menantu kesayangan, yang juga kebanggaannya, si Juju. Sementara si Juju, juga udah siap dengan suguhan yang akan disajikan se-pesial untuk sang Mertuè, Nyak Hindun, berupa kué Bolu.
Paginyè sebelum berangkat kerja Bang Mursali, lakinya si Juju, pamit dan pesen wanti-wanti sama bininyè, agar baèk-baèk ngelayanin Nyak Hindun.
“Ju, baek-baek kalo ngomong amè Nyak guè yè! Jangan nyebut kué Bolu yè, nggak sopan! Nyebutnyè kuè Bol Ayé!”
Siangnya, Nyak Hindun tiba di depan rumah, dan langsung mengendus bau wangi aroma kuè masakan si Juju.
“Duh, Mantu! Lu masak apaan niiih? Kok wangi bener? Nyak jadi ngiler nih!”
“Anu Nyak, ayè masakin kuè Bol Ayè, se-pesial buat Nyak!”, jawab si Juju sopan.
“Hah, kuè Bol Ayè? Kuè apaan tuh, Mantu? Kok sedep bener?”
“Itu Nyak, kuè Bol Ayè, masak Nyak nggak tau?”
Saking penasarannyè, Nyak Hindun membuka tutup dandang, lalu sambil ngakak dia bilang: “Eh Mantu! Lu adè-adè ajè, ini nih namènyè Kue Bolu!”
Dengan sopan Juju langsung nimpalin: “Iyè Nyak, kan dari tadi ayè udah bilang, itu Kue Bol Ayè!” .. .
Jakarta, 17 Februari 2025
Bachrul Hakim
Pengamat Gaya Hidup