Menteri Intelijen Israel, Eli Cohen dan Menteri Pertahanan Sudan, Yassin Ibrahim Yassin menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) sebagai tanda dimulainya kerjasama kedua negara.

Sudan Pintu Masuk Israel Jalin Komunikasi dengan Negara Islam

Loading

TEL AVIV (Independensi.com) – Kementerian Intelijen Israel, Eli Cohen, menyatakan optimisme bahwa lebih banyak negara di kawasan itu akan mengikuti Sudan dan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Demikian The Jerusalem Post, Tel Aviv, Selasa, 26 Januari 2021.

Menteri Intelijen Eli Cohen adalah menteri Israel pertama yang pernah mengunjungi Sudan, yang dia lakukan pada hari Senin, 25 Januari 2021.

Cohen dan Menteri Pertahanan Sudan Yassin Ibrahim Yassin menandatangani nota kesepahaman tentang “masalah diplomatik, keamanan dan ekonomi,” kata juru bicara Cohen. Menteri Israel juga bertemu dengan pemimpin transisi Sudan Abdel Fattah al-Burhan.

“Saya yakin bahwa kunjungan ini meletakkan dasar bagi kerja sama penting yang akan membantu Israel dan Sudan, serta menstabilkan kawasan,” kata Cohen.

Menteri intelijen tiba di Khartoum dengan delegasi dari Kementerian Intelijen dan Dewan Keamanan Nasional. Mereka kembali beberapa jam kemudian, sebelum pemerintah menutup negara itu untuk penerbangan masuk dan keluar.

Menteri menyatakan optimisme bahwa lebih banyak negara di kawasan itu akan mengikuti Sudan dan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Sudan adalah negara ketiga dari empat negara yang bergabung dengan Abraham Accords, normalisasi yang dinegosiasikan oleh pemerintahan Trump, dan perjanjian perdamaian antara Israel dan beberapa negara Arab.

Sudan telah mengirim pasukan untuk melawan Israel dalam perang tahun 1948 dan 1967, dan Khartoum adalah situs “Tiga Tidak” yang dengannya Liga Arab menyatakan tidak akan mengakui, bernegosiasi, atau berdamai dengan Israel.

Cohen memuji Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan penekanannya yang meningkat pada hubungan dengan negara-negara Afrika dalam beberapa tahun terakhir sebagai pendorong Sudan untuk berdamai dengan Israel.

Mereka adalah pejabat Israel dan Sudan “membahas keamanan dan stabilitas regional, yang penting untuk pembangunan ekonomi. Kedua belah pihak mengatakan mereka akan memperdalam kerja sama mereka di bidang intelijen.

Para pejabat juga mengemukakan kemungkinan bahwa Israel akan bergabung dengan Dewan Negara Arab dan Afrika di Laut Merah dan Teluk Aden, yang didirikan sekitar setahun lalu. Beberapa negara di dewan tersebut tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel, termasuk Arab Saudi, Djibouti, Somalia, dan Yaman.

Pejabat pemerintah Sudan mengatakan kepada delegasi Israel bahwa mereka sedang berupaya untuk membatalkan undang-undang yang memboikot Israel dan untuk membatalkan undang-undang yang memenjarakan para migran yang meninggalkan Sudan dan kemudian kembali. Ada sekitar 6.200 migran Sudan di Israel.

Pemerintahan transisi Sudan saat ini datang setelah penguasa lama Omar al-Bashir digulingkan pada 2019, dan berusaha untuk mengubah negara itu menuju demokrasi.

Sudan menjadi tuan rumah Al Qaeda dan berfungsi sebagai stasiun jalan bagi Iran untuk menyelundupkan senjata ke Hamas dalam beberapa dekade terakhir, tetapi Amerika Serikat mencabut penunjukan Sudan sebagai negara sponsor teror tahun 2020.

Keluar dari daftar hitam Amerika Serikat telah membuka Khartoum untuk lebih banyak investasi dan kerja sama asing, yang diharapkan akan merehabilitasi ekonominya.

Para pejabat Israel juga mengangkat sejumlah proyek ekonomi bersama yang potensial, menekankan pada air, pertanian, energi terbarukan, kesehatan dan penerbangan.

Kementerian Intelijen mengatakan mereka kemungkinan akan bergerak maju dalam membangun pabrik desalinasi dan infrastruktur energi terbarukan di Sudan, serta panduan dalam praktik pertanian.

Kedua belah pihak setuju bahwa pemerintah Sudan dan delegasi bisnis akan segera mengunjungi Israel.(aju)