Rapat konsolidasi PDI Perjuangan se-Sumba yang dihadiri Ketua DPD NTT, Emi Nomleni di Waingapu, Sumba Timur, NTT, Rabu (15/2/2023). (ist)

Gelar Konsolidasi Internal, PDI Perjuangan Target Menang Seluruh Pulau Sumba di 2024

Loading

WAINGAPU (Independensi.com) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) mematok target untuk menang Pemilu 2024 di seluruh kabupaten di Pulau Sumba. Untuk itu, semua kader, calon anggota legislatif di berbagai level harus tampil solid dan bersatu padu dengan rakyat. Semua kader wajib mengutamakan kemenangan partai ketimbang memenangkan diri sendiri dalam Pemilu 2024.

“Ibu Ketua DPD PDI Perjuangan NTT meminta agar seluruh kader menyatukan gerak langkah dan solid dalam bergerak. Kader diminta untuk melakukan instruksi Ketua Umum agar solid, bergerak bersama rakyat dalam semangat gotong royong,” kata Kader Senior PDI Perjuangan di Pulau Sumba, Alexander Reda Mata Dapawole, Kamis (16/2/2023).

Pengurus DPC PDI Perjuangan Sumba Barat dalam acara Konsolidasi PDI Perjungan se-Sumba di Waingapu, Rabu (15/2/2023). (ist)

Menurut Alexander Dapawole, Konsolidasi Internal PDI Perjuangan Zona Sumba di Waingapu pada 15 Februari 2022 dihadiri Ketua DPD PDI Perjuangan NTT, Emi Nomleni, sekretaris, wakil ketua dan koordinator wilayah, serta Ketua dan Sekretaris DPC dan Badan Pemenangan Pemilu dari empat kabupaten di Pulau Sumba (Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya).

“Semua perwakilan empat kabupaten hadir di Waingapu. Acara itu juga dihadiri Bupati Sumba Barat Daya, Kornelis Kodi Mete dalam kapasitas sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan SBD. Semua ketua dan sekretaris hadir, karena konsolidasi ini sangat penting untuk pemetaan caleg dari setiap kabupaten yang ada. PDI Perjuangan target untuk memenangkan semua kabupaten di Pulau Sumba,” tutur Ketua Fraksi PDI Perjungan DPRD Sumba Barat ini.

Dalam forum itu, kata Alexander, juga ditegaskan agar semua kader berusaha mengutamakan dan menempatkan partai di atas kepentingan caleg. Untuk itu, semua kader harus saling bergotong royong untuk memenangkan partai, selalu bersama rakyat sesuai dengan eksistensi sebagai partai wong cilik.

Secara khusus Alexander menyoroti capaian PDI Perjuangan Sumba Barat dalam Pemilu 2019 yang dianggap kurang memuaskan, sehingga membutuhkan kerja keras kader untuk selalu dekat dengan rakyat. Untuk Pemilu 2024, katanya, PDI Perjuangan Sumba Barat harus memiliki wakil dari setiap daerah pemilihan. “Kita target menang dan harus kerja keras dan saling bergotong royong untuk kemenangan partai,” tuturnya.

Dia menambahkan, dari wilayah selatan Sumba Barat setidaknya memiliki dua kursi di DPRD. Semua ini, katanya, bukan mustahil, kalau semua kader benar-benar menyatu dengan rakyat, yang tentunya kader wajib berada di tengah rakyat.

Selain itu, jelas Alexander, kegiatan konsolidasi juga berkaitan dengan persiapan calon presiden dari PDI Perjuangan untuk Pemilu 2024. Sebab, Ketua Umum selalu mengingatkan kepada semua kader untuk memenangkan partai pada 2024, karena PDI Perjuangan ingin “hattrick” atau menang tiga kali beruntun.

Menurut Alexander, dirinya menangkap adanya semangat dari semua pengurus PDI Perjuangan untuk menyambut Pemilu 2024, terutama memperhatikan arahan Ketua Umum dan Ketua DPD. “Konsolidasi internal ini sangat penting untuk menyegarkan kader dari pimpinan DPD NTT,” katanya.

Sebenarnya, kata Alexander, ada banyak hal yang dibicarakan yang terkait internal PDI Perjuangan, sehingga tidak mungkin disampaikan ke publik. “Yang jelas, semua kader solid, bergerak dan selalu bergotong royong bersama rakyat dan sesama kader,” tegasnya. (*)