Menhub menyarankan kepada Kepala Daerah untuk berkolaborasi dengan ITS, untuk memanfaatkan potensi sektor kelautan masing-masing daerah.

Kemenhub dan ITS Lakukan MoU Dalam Bidang Desain dan Pengembangan Kapal Pelra

SURABAYA (Independenai.com) – Kementerian Perhubungan dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya melakukan perjanjian kerjasama dalam bidang desain dan pengembangan kapal pelayaran rakyat.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November Prof Dr Ir Mochamad Ashari M.Eng, di Surabaya Senin (15/4)

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, kesepakatan bersama ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang desain dan pengembangan kapal pelayaran rakyat dalam rangka meningkatkan dan mendorong pelayaran rakyat menjadi bagian dari potensi angkutan laut nasional yang merupakan satu kesatuan sistem transportasi nasional.

Selain itu, kerja sama ini juga bertujuan untuk mempercepat terwujudnya konektivitas transportasi yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah dan meningkatkan pelayanan ke daerah pedalaman dan atau perairan yang memiliki alur dengan kedalaman terbatas termasuk sungai dan danau.

Pengembangan desain kapal pelra ini nantinya memiliki bentuk, ukuran, konstruksi, dan tipe kapal yang disesuaikan dengan daerah dan atau rute pelayaran yang memiliki alur dengan kedalaman terbatas termasuk sungai dan danau dan tenaga penggerak yang ramah lingkungan menjadi salah satu ruang lingkup yang harus di perhatikan didalam kesepakatan ini.

Menhub dalam kesempatan tersebut menyarankan kepada Kepala Daerah untuk berkolaborasi dengan ITS, bukan hanya dalam pengadaan kapal melainkan untuk memanfaatkan potensi sektor kelautan masing-masing daerah. Apalagi ITS merupakan pusat studi kelautan yang lengkap.

“Silahkan manfaatkan potensi yang dimiliki ITS khususnya sektor kelautan sehingga daerah dapat menggali potensinya baik itu potensi pariwisata, potensi ikan maupun potensi laut lainnya,” ujar Budi.

Menurut Menhub, laut adalah masa depan. Laut juga yang menjadikan Indonesia memiliki daya saing dengan negara-negara lain. Untuk itu kepala daerah daerua melakukan kreasi dan inovasi agar laut emberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakatnya (hpr)