Foto : Bakal Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa, Tri Rismaharini dan Luluk Nur Hamidah

Tiga Emak-emak Berebut Jadi Gubernur Jawa Timur

Loading

SURABAYA (independensi.com) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, di Jawa Timur bakal berlangsung seru. Pasalnya, ada tidak pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan berebut kekuasaan di level provinsi itu. 

Menariknya lagi, ketiga calon Gubernurnya semuanya adalah kaum perempuan. Pertama, Khofifah Indar Parawangsa – Emil Dardak (petahana) yang diusung oleh PKS dan Golkar.

Kedua, Tri Rismaharini – Sutiaji yang diusung oleh PDIP dan Demokrat dan Ketiga pasangan Luluk Nur Hamidah – Lhukmanul Hakim yang diusung oleh PKB.

Sementara, sebagai paslon petahana (Khofifah-Emil) telah lebih dulu mendaftar ke Kantor KPU Jawa Timur pada, Rabu (28/8) kemarin. Sedangkan paslon Risma-Sutiaji maupun Luluk-Hakim, keduanya dikabarkan akan mendaftar pada hari ini.

Sutiaji mengakui jika dirinya telah mendapat surat rekomendasi dari PDIP dan Demokrat untuk maju sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Risma.

“Sesuai surat rekomendasi bernomor 2760/IN/DPD/VII/2024 tertanggal 27 Agustus 2024, yang tertera tanda tangan Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Said Abdullah. Saya diperintahkan untuk maju sebagai Calon Wakil Gubernur mendampingi Bu Risma dan Insya Allah hari ini kami datang ke KPU untuk mendaftar,” katanya, Kamis (29/8).

Terpisah, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PKB Jazilul Fawaid, juga membenarkan jika partainya telah mengusung dua orang kadernya sendiri untuk maju dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

“Surat rekomendasi untuk Luluk-Lhukmanul, sudah keluar Rabu (28/8) kemarin. Dan hari ini akan kita daftarkan ke KPU Jatim,” tandasnya.

Dengan munculnya tiga kandidat paslon itu, tentunya kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur bakal berlangsung menarik.

Karena masing-masing paslon tersebut, diusung oleh partai politik yang memiliki suara mayoritas di wilayah Provinsi Jawa Timur. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *