Pemkab Bangli Dukung Penuh Kegiatan HUT ke-43 PORPI di Alun-Alun Kota Bangli

Loading

Bangli (Independensi.com) – Pemerintah kabupaten Bangli menyambut baik gelaran HUT PORPI ke 43 Tahun 2024 yang akan digelar pada hari Minggu 13 Oktober 2024 di lapangan kapten Mudita di Alun-alun Kota Bangli sebagai bagian dari upaya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Dipilihnya kota Bangli sebagai tuan rumah penyelenggaraan dikarenakan iklim lingkungan Kota Bangli masihlah sejuk dan asri.

Hal tersebut terungkap, saat Ketua Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (PORPI) Provinsi Bali, I Dewa Putu Sudarsana beserta jajaran pengurusnya melaksanakan audensi ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli, Selasa, 8 Oktober 2024.

Kehadiran PORPI Bali diterima langsung PJ Sekda Bangli, I Made Ari Pulasari didampingi Kadisdikpora Kabupaten Bangli, Komang Pariarta.

Pada kesempatan tersebut, PJ Sekda Bangli, I Made Ari Pulasari didampingi Kadisdikpora Kabupaten Bangli, Komang Pariarta sangat mengapresiasi kegiatan PORPI yang dilakukan di Kabupaten Bangli. Apalagi, PORPI bakal melaksanakan Senam Bersama di Alun-Alun Kota Bangli.

“Nah, ini sebuah kegiatan untuk memasyarakatkan Olahraga Pernafasan yang digelar PORPI buat kesehatan masyarakat, khususnya dalam mengelola kualitas kesehatan diri sendiri,” terangnya.

Melalui Gerakan Pernafasan, pihaknya juga bakal melakukan sosialisasi ke masyarakat, dengan harapan kesehatannya terus dijaga, untuk meningkatkan harapan hidup.

“Itu tidak menjadi beban yang berat bagi keluarganya terkait dengan kesehatan di usia tua,” paparnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Bangli sebagai tempat pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) PORPI ke-43 di Alun-Alun Kota Bangli.

“Pada saat itu, kita akan menghadirkan Pimpinan OPD, guru olahraga dan peserta senam lainnya untuk ikut bergabung dalam kegiatan Senam Bersama nanti,” ungkapnya.

Dengan hadirnya Pimpinan OPD terkait dan guru olahraga serta beberapa elemen masyarakat, PJ Sekda Bangli berharap kegiatan Senam Bersama ini bisa terus dimasyarakatkan, yang selanjutnya menjadi agenda rutin di Pemkab Bangli.

Selain itu, kedepan juga diharapkan Olahraga Senam Pernafasan terus berkembang di masyarakat menjadi sebuah agenda rutin bagi Pemerintah, yang biasanya dilakukan setiap hari Jumat.

Selain itu, juga bisa terus digalakkan Senam Pernafasan Bersama di setiap Desa dan Banjar se-Kabupaten Bangli, lantaran manfaat yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Olahraga Pernafasan ini, nanti kita sosialisasikan ke masyarakat secara luas, sehingga betul-betul olahraga PORPI bisa dimasyarakatkan di Bangli demi menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama bagi mereka yang berada di usia lanjut,” tambahnya.

Sementara itu, Komang Pariartha selaku Kadisdikpora Bangli menyambut baik dengan dilakukan kegiatan PORPI Bali. Apalagi, nanti akan dilantik pengurus baru Cabang Bangli.

Dengan dilantiknya pengurus baru Cabang Bangli diharapkan segala jenis kegiatan yang nantinya dilakukan bakal memberi imbas yang baik bagi masyarakat Bangli.

“Kegiatan nanti sangat luar biasa, dimana kita memasyarakatkan olahraga, khususnya terkait dengan bidang Pernafasan.

Dilihat potensi PORPI diakui sangat baik dikembangkan di Kabupaten Bangli, khususnya berusia lanjut. Apalagi di Bangli ada Ikatan Guru Olahraga yang nantinya berimbas dikembangkan di sekolah-sekolah dan sejumlah organisasi masyarakat, yang berada di setiap banjar dan desa se-Kabupaten Bangli.

“Bagaimana mereka bisa berumur panjang, bisa sehat dan tetap bekerja efektif, sehingga PORPI di Bangli bisa berkembang lebih bagus lagi,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PORPI Provinsi Bali, I Dewa Putu Sudarsana mengucapkan terima kasih atas apresiasi pelaksanaan HUT ke-43 PORPI secara Nasional.

“Pada HUT ke-42 tahun lalu ada di Kota Cimahi, Jawa Barat dan sekarang digelar di Kabupaten Bangli, Bali, karena disini tempatnya sangat sejuk. Tentunya, dengan kehadiran acara di Bangli ini akan memberikan kontinuitas didalam bagaimana kita memberikan kesehatan bagi masyarakat luas di Kota Bangli,” paparnya.

Patut diketahui, PORPI merupakan pengembangan dari Tai Chi. Tidak hanya gerak olah tubuh, tapi olahraga ini lebih banyak fokus pada penarikan nafas dengan olah tubuh ini menjadi seimbang.

Tak hanya itu, Olahraga Senam Pernafasan ini juga menyelaraskan antara buana alit didalam diri dengan buana agung, karena energi itu berada di alam semesta yang Maha Agung.

“Energi inilah yang kita tarik, bagaimana caranya menarik energi, sehingga bermanfaat untuk buana alit, badan kita demi keberlangsungan kita hidup. Maka dari itu, kalau kami sampaikan salam PORPI itu sehat, kuat dan bahagia dengan hidup harmonis,” urainya.

Direncanakan, HUT ke-43 PORPI bakal dihadiri oleh sekitar 300 peserta sebagai perwakilan seluruh Kabupaten/Kota dan Provinsi se-Indonesia ditambah 200 orang se-Bali.

“Tentu ini adalah paguyuban yang berkembang, terutama salah satunya di Bangli paling banyak berada di 5 banjar. Setiap banjar melebihi 40-45 orang,” jelasnya.

Untuk itu, Ketua PORPI Bali berharap, PORPI menjadi salah satu olahraga yang digemari dan patut dikembangkan kedepannya, lantaran olahraga ini difokuskan bagi masyarakat Bali berusia menengah hingga usia sepuh.

“Masyarakat Bangli penuh dengan hiruk pikuk di kebun dan sawah. Dengan adanya Olahraga Pernafasan ini bagaimana bisa menyeimbangkan dengan gerak tubuh tidak begitu berat, tapi tetap bisa dengan tujuan sehat,” imbuhnya.

Menariknya, PORPI ini bisa disupport Pemerintah Daerah, lantaran bisa masuk ke organisasi olahraga yang ada di setiap banjar dan desa dibawah naungan Dinas Pendidikan Nasional.

Untuk itu, pihaknya juga sudah bersurat kepada Kementerian dan juga DPP Pusat, agar kedepan bisa dikembangkan secara masif di seluruh Kabupaten/Kota se-Bali.

“Sekarang kita sudah ada di Singaraja, Denpasar dan Bangli bahkan nantinya bakal melantik Pengurus PAC, sehingga kedepan lebih bisa ditransformasikan ke dalam salah satu aktivitas olahraga positif di berbagai lingkungan yang ada di Bali, seperti di banjar dikembangkan secara masif,” sebutnya.

Hal senada juga disampaikan I Putu Sukarya selaku Ketua Penyelenggara HUT ke-4 PORPI yang menyatakan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan pelaksanaan HUT PORPI ke-43, termasuk latihan Senam Bersama, yang dipandu oleh sejumlah instruktur.

“Nanti pada waktu kegiatan HUT itu, kami bisa melaksanakan dengan baik. Tentunya kami juga mengharapkan dukungan dari teman-teman sebagai peserta organisasi,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjutnya PORPI di Bangli peluang dikembangkan sangat luar biasa, lantaran di banjar dan desa sudah membentuk kelompok-kelompok Senam Pernafasan Bersama dari lansia, PKK dan generasi muda.

“Nah, rencana kita setiap Kecamatan di Bangli ada grup-grup PORPI. Itu yang kita harapkan.

Menariknya, PORPI itu khusus gerakan Senam Pernafasan yang akan memberikan gaya berbeda dengan Senam-Senam biasa.

“Jika Pernafasan kita bagus, Senam apapun pasti kita adopsi secara bersama-sama,” sebutnya.

Apalagi, kesehatan itu berawal dari pikiran. Jika jernih artinya sehat jasmani dan rohani, tentunya panjang umur.

“Sakit berat itu asalnya dari pikiran dan gerakan tubuh kita. Jadi, Pernafasan yang baik tentunya akan membuat kita lebih panjang umur,” tutupnya. (hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *