Ilustrasi. Stok Beras. (Ist)

Hingga Enam Bulan ke Depan, Mentan Pastikan Stok Beras Aman

JAKARTA (Independensi.com) – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memastikan stok beras aman bahkan hingga enam bulan ke depan.

“Aman lima sampai enam bulan ke depan. Itu artinya sampai Mei,” ujar Mentan usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (20/11).

Mentan mengaku, persediaan komoditas strategis seperti jagung, bawang, beras, dan cabai dalam kondisi mencukupi terutama menjelang momentum akhir tahun. Meski begitu, Amran mengaku mewaspadai animo tinggi petani yang sedang memasuki masa tanam.

Ia mengaku, pada Januari akan terjadi puncak panen. “Kita siap-siap untuk menjaga harga. Jangan sampai masuk panen puncak, harga justru jatuh,” ujar Amran.

Ia mengaku akan menyiapkan anggaran khusus untuk menghadapi momentum tersebut. “Kita siapkan (anggaran). Karena itu menyangkut hajat hidup petani. Nanti jumlahnya kita hitung,” ujar Amran.

Mentan mengaku, salah satu kunci untuk menjaga ketersediaan pangan adalah dengan meniadakan musim paceklik. “Jadi yang ditanyakan tadi, bagaimana posisi di lapangan. Kami sampaikan musim paceklik, kita sudah punya sistem baru. Kita meniadakan musim paceklik dengan cara tanam sesuai dengan kebutuhan,” kata Amran. (Berbagai sumber/republika.co)