Ilustrasi. (Dok/Ist)

Peserta Basket 3X3 Puji Penyelenggara

JAKARTA (IndependensI.com) – Para peserta memuji penyelenggaraan turnamen uji coba (“test event”) internasional Asian Games 2018 bertajuk “3X3 Asia Challenge 2017” yang digelar di center court (tenis outdoor), Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta pada 1-2 Desember 2017. Salah satu pujian itu dilayangkan oleh pemain timnas 3X3 putra Thailand Kittitep Lane Dasom, menilai “test event” berjalan sangat baik meski beberapa bagian arena dan sekitarnya masih dalam tahap renovasi.

“Saya menjadi tidak sabar menunggu semuanya selesai,” ujar Dasom seperti dikutip dari Antara, Minggu (3/12). Meski demikian, ada satu hal menurut pemain keturunan Irlandia itu cukup menganggu dalam turnamen yang diikuti oleh lima negara termasuk Indonesia tersebut. “Toiletnya jauh. Saya butuh tiga menit untuk ke sana. Ini masukan saya untuk Asian Games tahun depan,” ujar dia.

Apresiasi test event juga datang dari pelatih timnas 3X3 putra dan putri Indonesia yaitu Fandi Andika Ramadhani serta Tri Hartanto. Rama, sapaan Fandi, menilai arena pertandingan 3X3 sudah siap untuk melangsungkan Asian Games 2018. Namun, masih banyak yang perlu ditingkatkan. “Arena sudah bagus, tetapi toilet dan tempat mencari makan-minum masih sulit,” ujar Rama.

Pujian senada diungkapkan pelatih timnas 3X3 putri Indonesia Tri Hartanto. Tri bahkan menyamakan kualitas arena penyelenggaraan 3X3 Asia Challenge ini dengan kejuaraan dunia. “Saya takjub karena kualitas arenanya hampir sama dengan ‘world championship’. Bagus banget,” kata Tri. Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berjanji melakukan evaluasi atas pelaksanaan turnamen uji coba 3X3 itu sesegera mungkin.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menerima semua masukan dari peserta dan akan membahasnya pada rapat yang dijadwalkan pada Rabu (6/12). “Kami akan meningkatkan apa yang dirasakan kurang oleh peserta,” ujar Danny.

Turnamen uji coba (“test event”) internasional Asian Games 2018 bertajuk “3X3 Asia Challenge 2017” digelar di center court (tenis outdoor), Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 1-2 Desember 2017. Kompetisi ini diikuti oleh lima negara Asia, yaitu Indonesia sebagai tuan rumah, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Sri Lanka. Timnas 3X3 putri Indonesia sukses menjadi juara di “3X3 Asia Challenge 2017” setelah di final menaklukkan Malaysia. Sementara timnas putra Indonesia menjadi “runner up” usai dikalahkan Thailand di babak pamungkas.