Mentan Amran Sulaiman. (Ist)

Mentan: Embung Tak Hanya Berdampak bagi Petani, Tapi Juga Ekosistem

JAKARTA (Independensi.com) – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mencatat sebanyak 30.000 embung telah dibangun hingga saat ini. Gencarnya pembangunan embung karena berdampak besar tak hanya pada lahan pertanian, namun juga bagi semua mahluk hidup di sekitar persawahan.

Demikian dikatakan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin (4/12/2017), seperti dikutip laman okezone.

Mentan mencontohkan embung mampu menumbuhkan sayuran, ikan, hewan unggas hingga berkembang biaknya tutut alias keong sawah

Amran menjelaskan tutut memiliki protein yang tinggi namun menyehatkan, dan saat ada seorang yang memiliki tekanan darah tinggi masih bisa mengkonsumsi tutut yang proteinnya tinggi.

“Jadi embung ini supaya ikan tumbuh, sayur tumbuh, bebek dan ayam tumbuh. Kemudian keong juga bisa tumbuh, jadi selain padi protein pun bisa didapat,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pemerintah fokus pada peningkatan kesejahteraan petani. Salah satu cara dengan membuatkan embung. Keberadannya bukan hanya menumbuh suburkan luas wilayah tanam pertanian, tapi berdampak baik pada sekitarnya.

“Kita berharap petani bisa mengkonsumsi karbohidrat dan ikan. Itu maksudnya,” katanya. (Berbagai sumber)