Front Jihad Islam Bubarkan Paksa Baksos Gereja Katolik St Paulus Pringgolayan

BANTUL (IndependensI.com) – Ormas Front Jihad Islam (FJI) membubarkan paksa acara bakti sosial yang diselenggarakan Gereja Katolik Santo (St) Paulus Pringgolayan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (29/1). FJI menuding acara bakti sosial untuk memperingati catur windu (32 tahun) Gereja Katolik Santo Paulus berlangsung sejak pagi hari ini dituduh sebagai upaya melakukan Kristenisasi.

Ketua FJI Yogyakarta Abdurrahman menyatakan bakti sosial yang dilakukan oleh Gereja Katolik Santo Paulus ini sebagai upaya Kristenisasi. Oleh karena itu ia menggerakkan ratusan laskarnya yang ada di Bantul, Sleman dan Yogyakarta untuk melakukan tindakan amar ma’ruf nahi munkar. Tindakan pembubaran ini sebagai bagian jihad melawan orang-orang kafir.

Dua hari sebelumnya atau Sabtu (27/1) Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Suharsono mengunjungi Gereja Katolik Santo Paulus Pringgolayan Banguntapan, Bantul guna meresmikan gereja yang baru direnovasi. “Manusia sebagai objek pembangunan akan mampu menempatkan diri dalam keselarasan, keseimbangan, dan keserasian hidup antarmanusia dengan yang lainnya,” katanya di sela peresmian Paroki Santo Paulus Pringgolayan Banguntapan di Bantul, Sabtu (27/1/2018) malam.

Ia menyatakan kerukunan umat beragama harus ditumbuhkan di seluruh Bantul. “Kondisi itu juga menjadi modal utama dalam membina dan mengembangkan kerukunan hidup umat beragama. Jadi, saya harapkan kita yang berada di tengah lingkungan masyarakat harus menjaga kerukunan umat beragama,” katanya.

Suharsono juga mengatakan, semua agama yang diakui legalitasnya harus dilindungi dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan. “Agama yang diakui legalitasnya wajib kita lindungi itu harapan saya. Saya sudah komitmen sama Kapolres (Kepala Kepolisian Resor), manakala ada yang mengganggu silakan laporkan ke polsek maupun polres untuk ditindaklanjuti. Saya, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul, mengucapkan selamat atas peresmian Paroki Santo Paulus Pringgolayan di Gereja Santo Paulus Pringgolayan, setelah sebelumnnya digelar Perayaan Ekaristi,,” katanya.

Gereja Katolik ini beralamat di Jalan Wulung No.8, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul. Gereja ini dibangun pertama kali pada hari Sabtu Pahing, 25 Januari 1986, yang juga dirayakan oleh Gereja sebagai Hari peringatan pertobatan Santo Paulus, dijadikan sebagai tonggak sejarah diresmikannya bangunan Gereja. Peresmian tersebut dilakukan dengan penandatanganan prasasti sinengkalan ”Rasa Angesti Luhuring Widi” (1986) oleh Bupati Kabupaten Bantul, Bapak Murwanto Suprapto bersama Bapak Uskup Agung Semarang, Mgr. Yulius Riyadi Darmaatmaja, SJ. Sore harinya diadakan misa perdana yang dilakukan oleh Bapak Uskup dilanjutkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Timbul Hadiprajitno dengan lakon ”Mbangun Candi Saptorenggo”. (Sigit Wibowo)

55 comments

  1. Saya MUSLIM tulen. Saya mengecam kejadian ini.
    Agama islam tidak mengajarkan kerusakan, kekerasan. menghormati hak hak non muslim,
    JIKA ini benar terjadi, mereka menjelekkan agama islam.

  2. Kami din NTT Yang agama Islam aman2 saja.. Kami tidak pernah mengatakan untuk mengislamkan NTT.. MAU bangun mesjid setinggi Monas pun jadi.. MAU dirikan Mushola dmanapun bisa… Kami tdak pernah melarang umat Islam untuk pengajian, Dan msih banyak kebebasan Yang umat Islam lakukan saudaraku… mengapa saudaraku Yang seiman diperlakukan demikian??????

  3. Sehari 5 x kami dengar doa dari masjid tetangga di kota Kupang/kota kasih…tidak masalah tuu…bahkan keimanan kami sbg umat Kristen tidak tergurus tuuu….datanglah belajar di NTT ttg hidup kasih sayang…
    Jg jd type org munafik

  4. Hdp perlu berpikir yg positif ,jangan meluluh berpikir yg negatif. Umat muslim di NTT malah damai dan merasa nyaman tinggal disini krn di NTT tdk pernah melarang org untuk berbuat yg baik dimata banyak org yg berbeda agama. Org yg berbuat bgt yg mengatas namakan agama kl dihadapkan dgn hukum wajah2 mrk kelihatan rasa takutnya. Kasihan jg ya kl di ajak demo hanya dibayar dgn sebungkus nasi. Datang ke NTT biar tau bgmn kerukunan beragama disini.

  5. Islam Indonesia ini tdk mengerti Islam seperti apa ka di Nebara Islam yang ada di timur Tengah tidk begitu Islam Indonesia buat2 an saja bukan ikut Peraturan Agama Islam.

  6. Oknum2 yg merasa agama nya sbg agama negara dn mnganggap negara ini negara agama mayoritas agar segera dihukum seberat2nya utk mnekan virus fanatisme agama dn pngkafir2an agama lainnya oleh mereka yg merasa pmilik surga ini.

  7. Belum pernah dengar kata damai kali yakkk… Itulah kalau dipimpin orang2 yang tidak bijaksana, jadinya bijaksalah.
    Saya berharap mereka bukanlah islam sesungguhnya nah kalau begini bawa bawa nama islam ? Yang dianggap buruk islam yang bertingkah segelintir, apakah tidak ada tindakan untuk mereka ? Atau menutup mata karna menginginkan itu ?
    Ini aneh, tapi terjadi dinegriku semuanya dibiarkan mengotori yang baik.

    1. Tra usah emosi kawan,
      Yang penting skarang bagaimana caranya OAP betul2 tumbuh dan berakar dalam Kasih Kristus,
      Kembali sungguh-sungguh kepada ajaran Bapa di atas.
      Kalo kitong tra kuat dalam iman, yang begini ini tra akan lama lagi muncul di Tanah Damai Papua.

  8. Saya hanya mau bertanya saja,
    bagaimana sikap anda ormas FJI
    misalnya ada acara dakwah Islam
    dibubarkan paksa
    sebagaimana anda FJI membubarkan paksa
    acara dakwah Katolik,
    lantas apakah anda menerimanya?
    Sepatutnya anda menerimanya
    sebab anda mau mencubit keyakinan orang lain
    maka tentunya anda juga mau dicubit pula.
    Tapi jika anda tidak terima
    misalnya acara dakwah Islam dibubarkan,
    lantas mengapa anda mau membubarkan acara dakwah Katolik?
    Begitu super egois bin arogan
    ingin menang sendiri kalian,
    anda seenaknya meludahi keyakinan orang lain,
    tapi sebaliknya ketika keyakinan anda diludahi
    anda tidak terima.

    1. acara dakwah biasanya dari Agama 1 untuk Agama 1 … (biasanya begitu) ..
      belum pernah dengar dakwah dari Agama 1 untuk Agama 2 …

  9. Nah sekarang kalau dibalik : ormas Islam melakukan bakti sosial dan dituduh melakukan islamisasi. Bagaimana reaksinya ya …. ????

  10. Sebaiknya klau mau berbagi ke org yg brbeda agama, kita tanya dlu mrka siap atw kberatan? Klau siap brarti org yg dtg mngacau suasana bisa dilaporkan ke yg berwajib.

  11. Indonesia perlu lebih serius melihat soal2 seperti ini jika hendak mengupayakan KeBhinnekaannya.

  12. Itu kan cari nama saja alias sensasi supaya punya nama dikenal secara nasional, tapi sayang apa yg dilakukan itu salah besar dan mencederai nilai2 ke Islaman yg penuh toleransi dan menghargai sesama umat yg menganut keyakinan masing2,

  13. Hmmm
    Apa yg kalian takutkan saudaraku?
    Kami hny minoritas dan tidak akan prnh jd mayoritas di negeri ini. Tp kami pny kasih dan iman yg besar. Baksos cuma sekedar berbagi kasih kpd sesama, salah kah?

  14. Nanti kalo ormas itu kena bencana alam jangan terima bantuan sosial dari non muslim yah catet hehehe

  15. tentunya ini hanya ulah segelintir penganut bumi datar, islam hanya sebatas bendera semata. .bila tak disadarkan dari sekarang mereka akan sebrutal taliban atau isis nantinya.
    aparat keamanan harus tegas!

  16. Orang2 dangkal pemikrannya..cuma gotong royong di anggap kristenisasi hadeeh…!! Malu maluin aja..

  17. WAHHH….INI ORMAS FJI MALAH LEBIH BRUTAL DARI FPI……NAPA KOQ JADI SEPERTI INI…..KAMI BUKAN TIDAK BISA LEBIH KERAS DARI KALIAN……KAMI LEBIH RASIONAL DARI ORANG YG SUKA MINUM E’EK ONTA,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!

  18. Orang otak goblok, kasihan sekali mreka sudah kerasukan setan semua, biar lenyap kedalam neraka sdh org egois, jadi setan semua kalian yg pembenci kristen.
    Dasar iblis,

  19. Kenapa manusia sekarang di butakan dengan kebencian dan kebencian, lha acara tsb kan hanya ucapan syukur aja telah di bangunnya gereja atau renovasi (tepatnya) kok di salah artikan menjadi kristenisasi. Tolonglah jgn sekali kali bawa2 sara di dlm bangsa indonesia krn sejak dulu bangsa kita ini rukun2 aja kok. Mksh atas pengertiannya

  20. Dinegara ini yang namanya Front yang berbasis agama apapun harus di bubarkan….tidak penting itu mayoritas atau minoritas…..kita sebenarnya harus berkaca….sebelum agama islam masuk di indonesia…..sudah ada agama Hindu dan Budha….jadi yang merasa agama islam tolong bercermin….bahwa di dalam tubuh anda mengalir darah Hindu….darah Budha….sehingga tidak semena – mena terhadap saudara yang beragama lain….semoga….

  21. Tuhan tidak pernah marah kepada siapapun yang membecinya. Kok kita bertindak melebihi sang pencipta, jangan pernah diri anda menjadikan Tuhan atas diri orang , belum ada satu orang pun pulang dari surga yang memberikan kabar gembira atau duka, tetapi atas kepercayaan adanya kehidupan abadi setelah kematian, kita tidak tahu kepercayaan siapa yang benar dihadapan pencipta, maka marilah kita berlomba lomba buat kebaikan dan tekun beribadah..

  22. Bagi yg tidak mengerti dari dulu hingga jaman now.. : hujamkan ini baik” di dlm hati & pikiran.. Mengkristenisasi itu tidak ada.. orang mau masuk Kristen (terlebih Katholik) amat sangat susah..perlu ketekunan, kesabaran, & kemantapan hati. Durasi pertemuan lama dlm pembelajaran persiapan sakramen baptis (ritual untuk masuk ke agama Katholik) selama 7-8bln. Tidak boleh ada paksaan, & murni niat menjadi pengikut Yesus & anak Bunda Maria.
    #stopberfikirnegativ #stopmenghalangihakberiman #agamabukanmainan #imanitupribadi

  23. Sungguh terlalu mereka mereka itu ya , tdk ada hujan tidak ada petir msin seruduk aja , kasihan kasihan , serendah itu kah iman orang

  24. Maka jangan terlalu baiklah.. yang mengganggu juga orang yang tidak bertanggung jawab.. Kristenisasi buat apa… yang tidak berminat biar saja.. yang berminat ya silahkan. Tidak perlu upaya “mengkristenkan”.. Yang mau menjadi pengikut Kristus dipilih Tuhan sendiri.. tidak perlu repot.. Begitu saja..

  25. Mas…tdk ada istilah Kristenisasi di Katolik…mau jadi Katolik susah mas…hrs ikut pelajaran agama atau katekumen selama 1 thn setiap minggu…bolos 3 kali tdk diterima baptis…suruh ulang belajar lagi selama 1 thn.

  26. Dimanakah aparat Kepolisian, biasanya jika ada acara2 seperti itu pasti ada izinnya dan minimal hrs ada 1-2 aparat kepolisian utk pengamanan, pertanyaannya sederhana saja
    1. Apakah acara Baksos itu sedemikian berpengaruhnya hingga bisa membuat “Kristenisasi” seluruh warga Bantul.
    2. Ormas macam apa FJI itu apakah sdh dicek keabsahannya, benarkah terdaftar sebagai ormas yg sah dipemerintahan setempat.

  27. Kristenisasi? Dikata jadi Kristen itu gampang apa? Butuh pendidikan dulu satu tahun buat jadi Kristen bos! Kalo gagal, jangan harap bisa jadi Kristen!

    Makanya kalo gak tau apa itu Kristenisasi, jangan main hajar bleh aja! Ngerusak persatuan bangsa aja siy!

  28. Cuma 1 kata ormas sakit jiwa! Ngasih ga demo mulu kerjaannya. Giliran ada tahlilan pengajian dll bukan islamisasi namanya. Bloon dipelihara pecah persatuan NKRI aj, nyang kya gni perlu disikat. Biarin aja mereka mau berbagi, buktikan islam dalam perbuatan yang baik. Bikin malu rasulullah saw aj lo pade. Goblookk..!

  29. Priligy Scheda Tecnica Cialis Tadalafil Sur Internet Buy Plavix [url=http://cial20mg.com]cialis price[/url] Keflex Safe During Breastfeeding Precio Del Viagra En El

  30. Sebenarnya yg pokok adalah komunikasi, antara teman-teman dari gereja Katolik yg mau berbuat baik itu perlu komunikasi dgn tokoh setempat, dan jika sudah tokoh setempat bisa menjelaskan kpd FJI.. bahwa itu kegiatan kemanusiaan, jadi mari perbuatan baik agar tidak ada salah faham kita jalin komunikasi…

  31. duh duh duh, kenapa harus ormas Islam. Apakah warga sekitar menolak? Apakah benar itu Kristenisasi?

    Sekecil itukah iman kalian, cuma bakti sosial ke warga sekitar Gereja sebagai wujud rasa syukur menjadi Gereja Paroki dianggap sebagai Kristenisasi.

    Semoga itu bukan Islam yang sesungguhnya. Saya sangat yakin, Islam yang sesungguhnya tidak seradikal itu..

    1. ISLAM ga seperti itu , mereka itu cuma orang2 yg mau mengadu domba , tujuannya agar antar agama saling bermusuhan , saling menghujat akhirnya tidak bisa RUKUN lagi , biar NKRI ini terpecah belah , ISLAM sesungguhnya yg bener2 ISLAM sangat menjunjung tinggi TOLERANSI #ISLAM_itu_RAHMATAN_Lil_ALAMIIN #SAVENKRI

    2. Di kampungku 99% muslim. Cuma keluargaku saja yg kristen.
      Tapi gak pernah tuh ada tetangga yg membedakan kami karna beda agama. Bahkan mereka sukarela bantu2 saat ada sembahyangan di rumah kami.
      Artinya sbg orang kristen, kesan saya tentang muslim itu sangat Baik & toleran..

      Nah..kalau yg macam FPI / FJI gini.. Kira 2 agama-nya apa ya?

    3. Sekelompok manusia malas dan bodoh yg memaksakan kehendaknya demi memuaskan egonya, dgn mengatas namakan agama Islam…

    4. Semoga fji di diberkati dan tau apa yg mereka perbuat .wahai umat kristiani doakan lah org yg membenci mu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *