Indonesia – Malaysia Bahas Kerjasama Terorisme, Narkotika dan Perdagangan Manusia

JAKARTA (Independensi.com) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) saat bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia H.E. Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim (kiri)  di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (6/3/2018).

Pemerintah Indonesia dan Malaysia akan melakukan kerja sama perbatasan guna pencegahan terhadap isu-isu yang terkait dengan terorisme, peredaran narkoba dan perdagangan manusia serta pelanggaran tindak pidana lainnya.

Dalam pertemuan kunjungan kehormatan tersebut Dubes Malaysia untuk Indonesia  mengucapkan selamat kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto atas pengangkatan sebagai Panglima TNI dan semoga kerja sama dibidang militer antar kedua negara semakin erat di masa mendatang. Panglima TNI Hadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan kehormatan Dubes Malaysia untuk Indonesia H.E. Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim.

Panglima TNI menyambut baik rencana kerja sama tersebut dan akan menjadi bahan pertimbangan untuk ditindak lanjuti pada tataran dan pentahapan selanjutnya.

Kedua pejabat tersebut membicarakan rencana pos gabungan di perbatasan dalam rangka mendukung program yang telah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo tentang pos gabungan yang melibatkan personil militer kedua negara. Direncanakan pos gabungan dibentuk untuk meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia dalam rangka menjaga kedaulatan masing-masing negara.

Menurut Hadi,  hubungan antara Indonesia dengan Malaysia sudah berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan melalui kerja sama dibidang militer di antaranya  pertukaran siswa penerbang/pilot dan pertukaran instruktur penerbang antara kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut hadir Aspers Panglima TNI Marsekal Muda Dedy Permadi, Kabais TNI Marsekal Muda Kisenda Wiranatakusumah, Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI M.Sabrar Fadhilah dan Kapuskersin Laksamana Pertama TNI Tatit Eko Witjaksono, sedangkan  Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia didampingi Athan Malaysia Brigadir Jenderal Dr. Mohd. Kenali Basiron beserta rombongan. (Puspen TNI)