Almarhum Enthus Susmono

Ganjar: Almarhum Enthus Sosok Kepala Daerah yang Tak Ada Duanya

SEMARANG (IndependensI.com)  – Gubernur nonaktif Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai almarhum Enthus Susmono merupakan sosok kepala daerah yang unik semasa hidupnya saat menjabat sebagai Bupati Tegal.

“Menurut saya, almarhum Enthus Susmono unik di antara seluruh kepala yang ada di Jawa Tengah, dia orangnya berani dan cenderung ceplas-ceplos, memang itu ‘style-nya’ dia,” kata Ganjar di Semarang, Selasa.

Ganjar mengungkapkan, kenangan yang tidak terlupakan dari sosok Enthus Susmono adalah ketika dirinya memimpin rapat, tapi diinterupsi oleh almarhum.

“Saya diinterupsi oleh beliau, kemudian nyerocos banyak sekali, baru setelah itu akhirnya kami jadi dekat. Ternyata memang cara beliau sampaikan memang gaya Enthus betul, gaya seorang dalang, seniman, yang kadang melihat rapat itu seperti mendalang sehingga semua ‘ditembaki’ satu persatu,” ujarnya dikutip Antara.

Saat itu, lanjut Ganjar, almarhum juga mengkritik kejaksaan dan kepolisian secara terbuka.

“Bahkan saat dengan KPK, beliau paling banyak bercerita dan yang menarik saat pelatihan antikorupsi, beliau masuk rangking atas karena integritasnya relatif baik,” katanya.

Ganjar melihat hal itu sebagai cara almarhum yang ingin transparan, berani, dan tidak ragu meskipun barangkali tidak terlalu pas.

Politikus PDI Perjuangan itu mengaku kehilangan atas meninggalnya Enthus Susmono yang sudah dianggap sahabat dan mendoakan agar almarhum khusnul khotimah.

“Mudah-mudahan apa yang sudah dikerjakan beliau bisa mewarnai birokrasi di sana menjadi lebih baik,” ujarnya.Seperti diwartakan, petahana Pemilihan Bupati Tegal Enthus Susmono meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soeselo, Slawi, Senin (14/5) sekitar pukul 19.10 WIB.

Enthus Susmono yang sedang menjalani masa cuti sebagai bupati untuk mengikuti pilkada itu meninggal dunia pada usia 52 tahun dan meninggalkan seorang istri serta empat anak.