foto istimewa

Ketua DPR Bamsoet Dorong Kemenristek Bermitra dengan BNPT Tangkal Paham Radikalisme

JAKARTA (IndependensI.com) – Menanggapi tertangkapnya tiga orang terduga teroris di Pekanbaru, Riau. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kemenristekdikti serta Kemendikbud dapat bermitra dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk menangkal dan mengikis paham radikalisme yang memapar di kampus. Ketua DPR RI Bamsoet, menyampaikan hal tersebut  di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin, (04/06.2018).

Ketua DPR RI  Bamsoet menambahkan, berdasarkan penelitian BNPT, radikalisme telah masuk ke sejumlah perguruan tinggi di DKI Jakarta hingga Jawa Timur. “Pimpinan DPR RI mendorong Kemenristekdikti dan Kemendikbud bekerja sama dengan BNPT untuk mengadakan kegiatan-kegiatan bertema nasionalisme di sekolah maupun universitas, guna meningkatkan cinta tanah air dan sikap bela negara pada generasi muda,” ujar Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini mengharapkan, Pemerintah seyogyanya dapat mencari solusi bagi lingkungan pendidikan agar aman dari kasus radikalisme maupun terorisme.

Ketua DPR RI Bamsoet mengimbau para rektor mengarahkan para mahasiswa dan mahasiswi di perguruan tinggi yang mereka pimpin untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dapat membangun sikap cinta tanah air dan bela negara, seperti kegiatan bertema nasionalisme di sekolah dan kampus.

Terkait penindakan, Bamsoet mendorong, Polri terus meningkatkan pengawasan dan penindakan terhadap para terduga teroris termasuk di lingkungan kampus, guna mencegah berulangnya kasus terorisme, terutama di lingkungan pendidikan.

Mantan ketua Komisi III DPR RI ini juga meminta Badan Intelijen Negara (BIN) untuk melakukan penyelidikan di kampus-kampus yang diduga terpapar paham radikalisme, agar jaringan terorisme dapat segera ditemukan dan diberantas.

 

One comment

  1. What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I have discovered It absolutely helpful and it has helped me out loads. I am hoping to contribute & assist other customers like its helped me. Good job.

Comments are closed.