Crane Cargo
Ilustrasi Crane Cargo yang dikirim ke Lombok. (foto istimewa)

Satgas TNI Ikut dalam Penanggulan Bencana Gempa di Lombok

JAKARTA (IndependensI.com) – Pasukan Yonzipur 10 Divisi II Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PCRPB) TNI akan diberangkatkan ke Lombok guna membantu penanganan pascagempa yang terjadi pada Minggu 5 Agustus 2018.

Pasukan ini akan diberangkatkan dari Dermaga Koarmada II Ujung Surabaya, Senin (06/08/2018) dengan KRI Karel Satsuit Tubun-356.

Pasukan yang berjumlah 100 prajurit dan dipimpin Lettu CZI M Fariz Zain ini akan membawa alat-alat berat di antaranya Dumptruck, Crane Cargo, Selfloader, Backhoe Loader, Exca PC 70, Ran penjernih air, Forklift, Lighting tower, dan lainnya. Mereka akan bertugas mengangkut reruntuhan bangunan.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Sabrar Fadhilah mengatakan, tujuan dari keberangkatan Satgas TNI dalam penanggulan bencana gempa bumi di Lombok adalah bentuk tanggap segera TNI dalam meringankan beban para korban yang mengalami musibah tersebut.

Selain itu, Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PCRPB) TNI ini juga didukung bantuan logistik berupa Sarden, Air Mineral, Roti dan Mie Instan.(BM/ist)