Menteri Amran ; “HadirkanSapi Belgian  Blue dan 1000 Ekor Sapi Berbobot Ekstrim”, pada Kontes Ternak dan Panen Pedet Jawa Timur 2018

SURABAYA (IndependensI.com) – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, didampingi Dirjen. PKH Kementan, I Ketut Diamitra, memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Kontes Ternak dan Panen Pedet 2018, di Ruang Rapat Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, hari, Senin 8/10/2018.

Kontes Ternak dan Panen Pedet 2018. Provinsi Jawa Timur, tidak hanya ajang kontes semata, kegiatan yang akan diikuti seluruh daerah tingkat Kota dan kabupaten se Jawa Timur, jugs akan menghadirkan Petani Peternak Terbaik, dari 34 Provinsi. Andi Amran Sulaiman, meminta agar “Kontes Ternak dan Panen Pedet Jawa Timur 2018, mengundang seluruh peternak kelompok terbaik se Indonesia, bahkan Menteri Amran, meminta hasil kerja keras Balai-balai Inseminasi dan Litbang Kementan, harus menghadirkan Sapi Varian Baru Belgian Blue, yang menjadi program khusus kementerian pertaniansejak pertengahan tahun 2017 lalu. Sapi Varian Baru Belgian Blue, bila diternskkan dengan baik akan berbobot 2 Ton/ekornya, ini yang membuat menteri pertanian tertarik untuk mengembangkannya dan akan didistribusikan kepada petani peternak indonesia kelak, sampai saat ini

Teknologi Transfer Embrio, menjadi pilihan pengembangan Sapi Belgian Blue dan memang belum banyak diketahui Petani Peternak Indonesia, hingga saat ini baru ada 100 ekor lebih dan Mentan meminta ditampilkan pada Event Kontes Ternak dan Panen Pedet Jawa Timur 2018.

Provinsi Jawa Timur,  Sentra Ternak Nasional, pada event kontes ternak dan panen pedet, akan dipamerkan   2.500 ekor pedet hasil UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) 2018.

Kegiatan “PANEN PEDET DAN KONTES TERNAK 2018″ akan dilaksanakan di lapangan terbuka milik Perum Perhutani dan Perum Jasa Tirta wilayah Bendungan Lodoyo/Serut, Desa Derungan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar.

Menurut Amran,  Provinsi Jawa Timur sengaja dipilih karena tingkat kesuksesan UPSUS SIWAB tahun 2017 mampu merealisasikan 1.697.183 dosis (124,32%) dari total target 1.365.138 akseptor. Oleh karena itu pada tahun 2018 Jawa Timur mendapatkan target 43% dari kegiatan UPSUS SIWAB Nasional yakni 1.295.600 akseptordari total Nasional 3.000.000 akseptor.

Kita bangga karena berdasarkan informasi yang disampaikan Kadis Peternakan tadi,  sampai hari ini realisasi pelaksanaan IB di Jawa Timur sudah mencapai 120 %, dengan angka kelahiran mencapai 98%,” luar biasa ungkap Menteri Amran, tak salah kita pilih Jawa Timur, sebagai lokasi Kontes Ternak dan Panen Pedet 2018.

Amran menambahkan, bahwa kegiatan Kontes Ternak dan Panen Pedet 2018 bertujuan  untuk memberikan apresiasi dan motivasi  terhadap Kelompok Petani Peternak  yang  berpartisipasi mendukung UPSUS SIWAB serta menggugah semangat dan gairah masyarakat untuk terus mengembangkan usaha peternakan dan pemanfaatan sumberdaya lokal.

Panen Pedet dan  Kontes Ternak 2018, akan di isi berbagai kegiatan seperti pelaksanaan IB serentak terhadap 100  Ekor Sapi Indukan. Expo produk, alat dan mesin serta sarana pendukung pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, serta pembagian 1.000 Paket Gizi Protein Hewani dan Gerakan Gemar Minum Susu berbagai penghargaan dari pemerintah untuk perlombaan bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan mulai dari tingkat regional maupun nasional, bahkan Kementan dan Pemda Jawa Timur, akan menyerahkan   bantuan ternak yang bersumber dari  APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota. (humas nak/wasito)