Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi

ASDP Beli Kapal Baru Untuk Garap Sektor Pariwisata

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pada tahun 2018, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sukses melayani 7,126 juta, mengangkut 6,46 juta kendaraan dan 882 ribu ton barang, yang dilayani oleh 151 unit kapal di 35 pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tahun 2019 ini, ASDP mentargetkan dapat melayani 8,6 juta penumpang, 6,84 juta kendaraan dan 1,14 juta ton barang.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, pencapaian angka produksi penyeberangan selama tahun 2018 menunjukkan performansi yang positif.

“Dengan melihat tren kenaikan penumpang dan kendaraan, dapat diartikan bahwa layanan kapal ferry masih menjadi alternative transportasi penumpang dan logistik yang diminati oleh pengguna jasa,” tutur Ira pada acara gathering dengan wartawan di Jakarta Rabu (16/1)

Di awal tahun 2019, ASDP tidak hanya mendorong konektivitas antarpulau, tetapi juga memperkuat sektor logistik, serta mampu mendorong pengembangan pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat, ujarnya.

Salah satu yang akan menjadi fokus percepatan ialah pengembangan Terminal Eksekutif Merak dan Bakauheni untuk beroperasi secara penuh, termasuk tenant retail, sehingga dapat menjadi fasilitas dan destinasi yang menjadi pilihan pengguna jasa penyeberangan. Uji coba operasional telah sukses dilakukan pada periode Natal dan Tahun Baru.

“Kami berharap, pengguna jasa baik yang menyeberang ataupun non menyeberang dapat menikmati pengalaman yang berbeda saat berada di terminal, maupun kapal eksekutif yang berkonsep modern tersebut,” kata Ira.

Selain itu, proyek Labuan Bajo Marina juga akan dikebut. ASDP menargetkan dapat segera merampungkan dan mengoperasionalkan area komersial pada bulan Maret, diikuti hotel pada bulan Juni, dan proyek marina pada bulan September. Tahun ini, kami juga menargetkan dapat melakukan penambahan kapal

Untuk konektivitas penyeberangan, ASDP telah menambah lintasan dari 206 menjadi 234 lintasan. Sektor logistik, di tahun 2018 lalu ASDP telah mengoperasikan 2 unit kapal ternak dan 2 unit kapal kargo untuk Tol Laut. Sedangkan untuk mendukung industri pariwisata, ASDP juga mengoperasikan KMP Komodo di Labuan Bajo, dan KMP Ihan Batak yang melayani di Danau Toba, Sumatera Utara.