Komitmen STIMI HANDAYANI Dampingi dan Kembangkan Pariwisata di Desa Sanur Kauh

Loading

DENPASAR (Independensi.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) HANDAYANI melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan pada Sabtu (4/5).

Lokasi kegiatan PKM STIMI HANDAYANI kali ini berpusat di Taman Inspirasi Muntig Siokan dan Pantai Mertasari, Desa Sanur Kauh. Kegiatan yang didahului dengan bersih-bersih pantai ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk dosen senior Prof Dr Ida Bagus Udiyana SE MSi Ak STIMI HANDAYANI Dr Ida Bagus Radendra SH MHum selaku Ketua Yayasan Pendidikan Handayani, Dr Dra Ni Ketut Karwini MM. selaku Ketua STIMI HANDAYANI, para dosen, mahasiswa, serta masyarakat Desa Sanur Kauh, utamanya dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Menurut dr. Ida Bagus Radendra, SH. Desa Sanur Kauh merupakan desa binaan STIMI HANDAYANI berdasarkan surat keputusan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). STIMI HANDAYANI memiliki komitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan desa wisata Sanur Kauh.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan kontribusi kepada desa ini. Salah satu fokus kami adalah kebersihan pantai. Kami ingin destinasi wisata di sini harus indah, bersih, dan menerapkan protokol CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment),” ujar Radendra.

Lebih lanjut, Radendra menjelaskan bahwa STIMI HANDAYANI juga aktif dalam memberikan pelatihan kepada Pokdarwis di Desa Sanur Kauh. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan pengetahuan Pokdarwis dalam mengelola desa wisata.

Sebaliknya untuk mahasiswa yang dilibatkan adalah mahasiswa agar tidak hanya belajar teori di kelas, tetapi juga terjun langsung ke lapangan untuk melihat realita di lapangan,” kata Radendra.

Komitmen inilah yang membuat STIMI HANDAYANI dua tahun lalu masuk 14 besar pembina Desa Wisata Terbaik se-Indonesia.

STIMI HANDAYANI telah memberikan perhatian pada Desa Sanur Kauh selama lebih dari 10 tahun. Hal ini menunjukkan komitmen kuat STIMI HANDAYANI dalam membantu pengembangan desa wisata di Bali.

“Kami melihat begitu banyak potensi di Desa Sanur Kauh. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama dengan desa ini dalam jangka panjang,” ujar dr Ni Ketut Karwini, MM. Ketua STIMI HANDAYANI.

Kegiatan PKM STIMI HANDAYANI di Desa Sanur Kauh diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat desa. Dengan kerjasama yang berkelanjutan, STIMI HANDAYANI dan Desa Sanur Kauh optimis dapat menjadikan desa ini sebagai salah satu desa wisata terbaik di Bali. (hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *