Bamsoet: Polri Perlu Usut Kasus Perdagangan Anak di Kepri

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Bambang Soesatyo menegaskan Kepolisian RI perlu mengusut adanya kasus dugaan perdagangan anak di bawah umur yang belum terungkap di Kepulauan Riau.

Selain itu Kementerian Koperasi-UKM, Kementerian Sosial dan Kementerian Ketenagakerjaan diharapkan turut aktif memberikan alternatif pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan yang sesuai potensi daerah masing-masing.

“Agar masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya, mengingat ekonomi jadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya perdagangan anak,” tutur Bambang, Rabu (30/1/2019).

Pernyataan politisi Goklar ini untuk menanggapi pernyataan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) soal banyaknya kasus perdagangan anak di bawah umur di Kepri.
Dikatakannya juga untuk dapat mengungkap pihak-pihak yang terlibat, pihak kepolisian perlu melakukan razia ke sejumlah tempat yang dianggap berpotensi terjadinya perdagangan anak.

“Tindak juga dengan tegas seluruh pihak-pihak yang terbukti terlibat dalam perdagangan anak tersebut sesuai dengan hukum perundangan yang berlaku,” ucapnya.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk berani melaporkan kepada aparat keamanan setempat jika mengetahui adanya perdagangan anak. (MJ Riyadi)